Sukses

Fitur Reaction WhatsApp Segera Hadir di Android?

Setelah lama diuji coba, WhatsApp dikabarkan akan segera menghadirkan fitur Reaction di WhatsApp versi Android.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini WhatsApp merilis versi beta terbaru untuk aplikasinya di Android. Seperti versi uji coba, beta teranyar ini jadi alat untuk melihat fitur baru WhatsApp apa yang akan datang di versi Android.

Diketahui, WhatsApp versi beta 2.22.6.6 memberikan petunjuk mengenai kehadiran fitur reaction pada pesan. Fitur reaction ini disebut-sebut sudah dikembangkan sejak beberapa waktu lalu, namun belum juga hadir di versi resmi WhatsApp.

Laman WABetaInfo mengungkap, dalam versi beta terbaru, terdapat animasi yang menyertai pengiriman reaksi pada pesan di sebelah sudut kanan bawah, seperti Reaction pada Telegram. Lewat kehadiran fitur Reaction WhatsApp di versi beta, terkonfirmasi bahwa pekerjaan membuat Reaction ini masih berlangsung.

Mengutip Gizchina, Selasa (1/3/2022), fungsi yang didedikasikan untuk Reaction belum bisa diaktifkan. Selain itu, belum diketahui kapan fitur Reaction ini akan diintegrasikan pada WhatsApp versi Android dan iOS stabil.

Reaction WhatsApp telah banyak dibicarakan selama ini, namun baru kali ini terungkap bagaimana tampilan akhir untuk Reaction pada WhatsApp.

Saat ini, jumlah emoji yang akan dipakai pada Reaction WhatsApp adalah enam emoji. Namun, bisa jadi di versi stabil akan ada lebih banyak emoji. Keenam emoji yang dimaksud adalah tanda jempol, hati, tawa dengan air mata, terkejut, menangis, dan toss.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Uji Coba Sejak November 2021

Sebelumnya pada November lalu, WhatsApp dilaporkan mulai menghadirkan fitur Reaction untuk aplikasi versi beta di Android. Informasi ini diketahui dari laporan WABetaInfo setelah versi beta 2.21.24.8 mulai dirilis.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (22/11/2021), WhatsApp memang tengah mengembangkan fitur Reaction selama beberapa bulan terakhir. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi pada pesan yang diterima.

Fitur ini sebenarnya sudah hadir lebih dulu di aplikasi Facebook. Seperti diketahui, pengguna kini bisa memberikan beragam reaksi pada unggahan maupun komentar di Facebook, tidak lagi sekadar tombol like.

Menurut laporan, WhatsApp awalnya tidak memiliki rencana mengungkap kehadiran fitur Reaction untuk para pengguna. Namun akhirnya, perusahaan mulai mengembangkan fitur ini di iOS versi beta, dan kini mulai dikembangkan untuk pengguna Android.

Kendati demikian, belum ada informasi mengenai kapan fitur ini akan menyambangi seluruh pengguna. Alasannya, berdasarkan sumber, fitur Reaction ini juga masih digulirkan secara bertahap untuk pengguna WhatsApp versi beta, sehingga belum semua bisa merasakannya.

3 dari 4 halaman

Mirip dengan yang Ada Facebook

Untuk diketahui, sejak Agustus 2021, WhatsApp diketahui tengah mengembangkan sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat merespon atau reaksi terhadap pesan, seperti di Instagram, Facebook, iMessage, dan Twitter.

Fitur reaksi terhadap pesan di aplikasi chat seperti ini memang terbilang cukup baru. Biasanya, aplikasi chat tradisional hanya menghadirkan fitur reply, forward, atau memberikan reaksi sebatas dalam bentuk emoji.

Dilansir WABetaInfo, Kamis (26/8/2021), fitur reaksi ini kedapatan sedang dikembangkan, dan sudah hadir hanya di sejumlah pengguna WhatsApp terbatas.

Seperti yang bisa kamu lihat dari gambar di bawah, fitur baru WhatsApp ini tidak akan tampil bila pengguna masih menggunakan versi lama aplikasi pesan.

Karena masih menggunakan versi yang lama, pengembang akan memunculkan pesan yang berbeda dan meminta pengguna untuk meng-update WhatsApp agar dapat menggunakan fitur reaksi ini.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang WhatsApp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.