Sukses

Fitur Transfer Riwayat Chat dari Android ke iOS Bakal Hadir di WhatsApp

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dilaporkan bersiap untuk meluncurkan fitur transfer percakapan dari Android ke iOS. Informasi ini diketahui dari source kode yang ada WhatApp 22.2.74 beta untuk iOS.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Sabtu (22/1/2022), proses transfer ini membutuhkan sambungan kabel atau koneksi Wi-Fi privat, karena perlu dilakukan secara langsung.

Berbeda dari migrasi sejumlah aplikasi olah pesan lain yang memanfaatkan layanan cloud mereka masing-masing. Meski sudah muncul, belum dapat dipastikan kapan fitur ini akan digulirkan untuk pengguna aplikasi WhatsApp.

Mengingat berdasarkan temuan WABetaInfo, fitur ini masih dikembangkan sehingga belum tersedia untuk seluruh pengguna yang terdaftar untuk beta tester.

Dengan kata lain, untuk saat ini, WhatsApp baru memungkinkan transfer data dari iPhone ke Android. Kehadiran fitur ini diumumkan pada September 2021.

Fitur transfer riwayat chat dari satu sistem operasi ke sistem operasi lain ini menjadi salah satu banyak diminta pengguna. Sebab, ada banyak orang yang selalu berganti dari HP Android ke iPhone atau sebaliknya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pengguna WhatsApp di iPhone Kini Bisa Transfer Riwayat Chat ke Android Samsung

Fitur transfer riwayat chat dari satu sistem operasi ke sistem operasi lain pun begitu banyak diminta, pasalnya ada banyak orang yang selalu berganti smartphone.

"Bersama dengan produsen sistem operasi dan perangkat, kami bekerja keras untuk merancang agar fitur ini bisa digunakan secara aman dan terpercaya," kata WhatsApp, dikutip dari blog-nya, Jumat (3/9/2021).

Disebutkan pula, pentransferan riwayat ini bisa dilakukan secara langsung tanpa melalui WhatsApp, baik itu pesan suara, foto, dan video. Sayangnya, pengguna tidak bisa mentransfer riwayat panggilan yang terjadi. 

Namun demikian di tahap awal, fitur transfer riwayat chat baru akan tersedia untuk smartphone Samsung dengan Android 10 atau lebih tinggi.

"Fitur ini akan tersedia untuk perangkat Android lainnya," kata WhatsApp. Sayangnya tidak disebut kapan fitur transfer riwayat chat ini dirilis ke merek Android lainnya.

3 dari 3 halaman

Butuh Kabel USB Type C-to-Lightning

Disebutkan oleh WhatsApp, ketika pengguna menyetel WhatsApp di perangkat baru, pengguna akan diberi opsi untuk mentransfer riwayat chat dari smartphone lama ke baru.

Karena beralih dari iPhone ke Android, proses transfer ini memerlukan kabel 'USB Type-C to Lightning'.

"Ini hanya langkah awal. Kami berupaya agar fitur ini dapat dinikmati oleh lebih banyak pengguna untuk membantu mereka mentransfer riwayat chat antarsistem operasi dengan aman," kata WhatsApp.

(Dam/Ysl)