Sukses

Quipper Tebar Beasiswa Miliaran Rupiah untuk Redam Angka Putus Kuliah

Liputan6.com, Jakarta - Krisis pandemi Covid-19 tak hanya berdampak pada sektor kesehatan, melainkan juga bidang ekonomi. Hal ini menyebabkan tingginya angka putus kuliah di Indonesia.

Menurut data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) tahun 2021, setiap tahunnya lulusan SMA/sederajat mencapai 3,7 juta, namun hanya 1,8 juta yang melanjutkan ke perguruan tinggi.

Artinya, sekitar 1,9 juta anak belum bisa melanjutkan kuliah, salah satunya lantaran kondisi ekonomi.

Guna mendukung keberlanjutan kuliah, startup edutech Quipper melalui layanan Quipper Campus akan menyalurkan bantuan biaya pendidikan atau beasiswa senilai total miliaran rupiah pada program Quipper Scholarship Award (QSA) 2022.

Pendaftaran program beasiswa QSA 2022 secara resmi telah dibuka dengan periode pendaftaran mulai dari 3 Januari-18 Maret 2022.

"Program ini kembali hadir untuk melanjutkan komitmen perusahaan dalam mendukung siswa yang terkendala kemampuan finansial untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi di bangku kuliah," kata Strategy & Planning Manager Quipper Indonesia, Ivonny Sualdani, melalui keterangannya, Selasa (18/1/2021).

Ia berharap acara QSA tahun ini dapat kembali memberikan secercah harapan bagi anak Indonesia di tengah kondisi pandemi yang sulit.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

2 dari 4 halaman

Daftar Kampus yang Buka Program QSA 2022

Adapun kampus yang ikut serta pada ajang QSA 2022 antara lain Telkom University (Tel-U), Kalbis Institute, Universitas Tarumanagara, Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Institut Teknologi PLN (IT PLN), PPM School of Management, Universitas Paramadina, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP), Universitas Kristen Maranatha, dan Indonesia Banking School.

Sementara tahapan pelaksanaan program QSA 2022 terdiri dari proses pendaftaran yang telah berlangsung sejak 3 Januari 2022.

Kemudian tes beasiswa secara online pada 21 Maret-1 April 2022, seleksi lanjutan berupa wawancara, psikotes atau tes lain tergantung kebijakan kampus yang akan diadakan pada 18 April-6 Juni 2022.

 

3 dari 4 halaman

Jadwal Pengumuman Beasiswa

Lalu, pengumuman akan diinformasikan melalui laman resmi Quipper Campus pada 17 Juni 2022.

Pada periode sebelumnya, program QSA 2021 menyalurkan total beasiswa mencapai Rp 40 miliar dari berbagai kampus kepada 993 siswa yang lolos seleksi.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online