Sukses

Amazon, Meta hingga Twitter Absen dari CES 2022

Liputan6.com, Jakarta - Amazon mengumumkan bakal menyusul beberapa raksasa teknologi untuk absen dari kehadiran luring di konferensi CES 2022 yang akan berlangsung di Las Vegas, akibat meroketnya kasus Covid-19 di Amerika Serikat (AS).

Juru bicara Amazon mengatakan pada Selasa pekan ini, mereka memprioritaskan kesehatan dan karyawan mereka.

"Karena situasi yang berubah dengan cepat dan ketidakpastian seputar varian Omicron, kami tidak akan lagi hadir di CES," kata juru bicara tersebut, seperti dikutip dari New York Post, Kamis (23/12/2021).

Perusahaan yang didirikan Jeff Bezos itu menyusul Meta, T-Mobile, Nvidia, Twitter, Pinterest, JPMorgan, PepsiCo, dan iHeartMedia, yang sebelumnya juga menarik diri dari kehadiran luring karena khawatir akan Covid-19.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sejumlah Media Juga Menarik Diri

Pihak CES dari Consumer Technology Association (CTA) masih menegaskan bahwa salah satu pagelaran teknologi terbesar di dunia itu akan tetap dilanjutkan, dan dijadwalkan untuk 5 hingga 8 Januari 2022.

"Ribuan pengusaha, bisnis, media, dan pembeli berencana datang ke Las Vegas," kata juru bicara asosiasi, Caroline Finnell.

CES 2022 sendiri bakal mengharuskan peserta untuk menunjukkan bukti vaksinasi. Mereka juga menyatakan akan membagikan tes cepat secara gratis meski tidak mewajibkannya.

Tak cuma perusahaan, beberapa media seperti CNN, Wirecutter The New York Times, hingga The Verge, juga menarik diri dari kehadiran langsung di CES karena kekhawatiran akan lonjakan kasus virus corona.

3 dari 4 halaman

Nasib Sejumlah Perusahaan

Mengutip The Verge, CEO T-Mobile Mike Sievert mengatakan bahwa mereka tidak akan lagi menjadi pembicara utama dan akan "secara signifikan membatasi partisipasi langsung."

Meski begitu, T-Mobile menyatakan akan tetap menjadi sponsor CES dan sponsor utama DRL Championship Race meski sebagian besar tim mereka tidak akan bepergian ke Las Vegas.

Sementara Intel, menyebut mereka sedang meninjau rencananya untuk CES dan akan memberikan pembaruan sesegera mungkin. Sony, Samsung, dan Google juga terdaftar tengah "memantau situasi setempat."

Bloomberg juga melaporkan bahwa AMD dan Samsung masih merencanakan kehadiran langsung secara terbatas, sementara Nvidia bakal melakukan keynote secara virtual.

Pada hari Rabu, CTA mengatakan telah menerima 42 pembatalan peserta pameran. Namun mereka menyebut, juga menambahkan 60 peserta pameran baru di waktu tersebut.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia