Sukses

Mbah Minto Meninggal Dunia Setelah Dirawat 10 Hari di RS

Liputan6.com, Jakarta - Mbah Minto, nenek yang terkenal lewat video gagal mudik karena virus corona tutup usia pada Rabu, 22 Desember 2021. Sosoknya dikenal dari video yang diunggah kreator Ucup Klaten di kanal YouTube-nya.

Kabar duka ini disampaikan langsung oleh Ucup Klaten melalui akun Instagram miliknya, @ucup_jbsklaten. Dalam unggahannya, ia mengenang Mbah Minto karena kebaikan dan karya-karyanya.

"Sugeng tindak Simbok... Terimakasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang," tulisnya.

Mengutip informasi dari Antara, Kamis (23/12/2021), Mbah Minto meninggal dunia setelah sebelumnya menjalani perawatan selama 10 hari di rumah sakit.

Salah satu anak Mbah Minto, Sudiono, menuturkan ibunya sakit sejak 10 hari lalu. Sebelumnya, ia pernah ditemukan tidak sadar di kamar mandi oleh salah satu cucunya.

Lebih lanjut Sudiono menuturkan, ibunya tersebut memang memiliki riwayat darah tinggi. Mbah Minto yang memiliki nama lengkap Minto Suwito Siyam ini meninggal dunia di usia 85 tahun.

Dikutip dari Merdeka.com, wanita asal Bayat, Klaten itu ramai diperbincangkan usai video YouTube Ucup Klaten yang bertema gagal mudik karena Covid-19 menjadi viral di media sosial.

Dalam salah satu video, Mbah Minto melarang anaknya mudik agar tidak menyebarkan virus. Ia meminta anaknya tetap di perantauan, tapi tetap harus mengirim uang ke kampung.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Ucapan Bela Sungkawa dari Ganjar

Penyampaian pesan yang kocak dan sederhana itu pun membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, beberapa kali mengunggah ulang video Mbah Minto dan Ucup Klaten di akun Instagramnya.

Ganjar, melalui akun Twitter-nya, juga menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya Mbah Minto.

"Ya Allah. Innalillahi wa Innalillahi raji'un. Sugeng kondur Mbah Minto. Saestu, panjenengan tiyang sae. husnul khotimah nggih mbah.," tulis Ganjar dalam cuitan berbahasa Jawa.

3 dari 3 halaman

Ucapan Duka dari Warganet

Tak hanya Ganjar, beberapa warganet hingga akun terverifikasi Twitter juga mengucapkan selamat jalan bagi Mbah Minto. Mereka juga membagikan ulang beberapa cuplikan video yang menampilkan dirinya.

Swargi Langgeng Mbah Minto

Matur nuwun untuk hiburannya selama masa pendemi dan wejangan-wejangannya pic.twitter.com/lyML4ygxmS

— Info Jateng (@Jateng_Twit) December 23, 2021

Sugeng tindak Mbah Minto, njenengan telah mengajarkan arti "Tua Berkarya, Rejeki Datang Tak Mengenal Usia" husnul khotimah, Aamiin. pic.twitter.com/jLJDCuiVHA

— Mbah Mijan (@mbah_mijan) December 23, 2021

Selamat jalan Mbah Minto. Semoga dengan membahagiakan orang lain menjadi bekal kebahagiaanmu di kehidupan selanjutnya. 😊 https://t.co/daMrViYeDM

— Muhammadiyin GA LUCU (@MuhammadiyinGL) December 23, 2021

(Dam/Ysl)