Sukses

WhatsApp Bakal Sembunyikan Status Last Seen dari Kontak Tak Dikenal

WhatsApp akan menyembunyikan status Last Seen pengguna dari kontak yang tidak tidak dikenal.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp menggulirkan fitur privasi WhatsApp yang memungkinkan pengguna menyembunyikan status "Last Seen" dari kontak yang tidak dikenal, secara default.

Sebelumnya, pengaturan default WhatsApp memungkinkan siapa pun atau "Everyone" dapat melihat status Last Seen milik pengguna.

Selanjutnya, update baru WhatsApp ini membatasi visibilitas status Last Seen kepada orang-orang yang telah ditambahkan kontak. WhatsApp pun secara default mengatur agar status Last Seen WhatsApp hanya bisa dilihat oleh "My Contact".

Mengutip The Verge, Selasa (14/12/2021), dalam sebuah unggahan di Twitter, seorang pengguna menjelaskan, nantinya mungkin seseorang tidak bisa melihat status orang lain di platform WhatsApp. Ia juga menyertakan screenshot dari WhatsApp Support yang menjelaskan fitur privasi baru ini.

"Kami mempersulit orang yang tidak Anda kenal dan belum pernah mengobrol dengannya, untuk bisa melihat 'Last Seen' dan kehadiran online Anda di WhatsApp," kata WhatsApp Support dalam email tersebut.

Opsi "My Contact" untuk Last Seen sudah tersedia, namun tidak pernah jadi pengaturan default dalam aplikasi WhatsApp. Perlu juga dicatat, WhatsApp memiliki opsi "Nobody" alias tidak ada seorang pun yang bisa melihat Last Seen pengguna.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Last Seen WhatsApp

Sekadar informasi, Last Seen memungkinkan pengguna lain mengetahui kapan terakhir kali seorang pengguna WhatsApp online atau apakah pengguna sedang memakai aplikasi WhatsApp.

Meski Last Seen tampak sebagai sesuatu yang wajar untuk mengetahui status teman atau keluarga di WhatsApp, WABetaInfo memperlihatkan bahwa beberapa aplikasi pihak ketiga memanfaatkan fitur ini.

Aplikasi-aplikasi pihak ketiga ini bisa mengagregasi status pengguna tertentu yang memungkinkan sejumlah pengguna mengawasi orang lain yang memakai platform WhatsApp.

3 dari 4 halaman

Cegah Aplikasi Pihak Ketiga Lacak Status Last Seen Pengguna

Mengaktifkan opsi "My Contact" yang hanya bisa melihat status Last Seen mencegah aplikasi pihak ketiga mencatat status online pengguna, karena aplikasi tidak dianggap sebagai salah satu kontak. Aplikasi pihak ketiga pun tidak akan dapat melihat status online kamu.

Selain mengganti pengaturan default tentang siapa yang bisa melihat Last Seen, pada November lalu, WABetaInfo menemukan, aplikasi WhatsApp mulai menguji opsi bernama "My Contact, except" yang memungkinkan pengguna menyembunyikan status mereka dari kontak tertentu.

WhatsApp juga bekerja untuk meningkatkan privasi pengguna dengan memperkenalkan opsi untuk menjadikan fitur pesan yang menghilang (disappearing message) sebagai fitur default.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Mereka yang Terjerat Kasus dari Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.