Sukses

Setop Tradisi Rewind, YouTube Bakal Gelar Escape2021

Liputan6.com, Jakarta YouTube beberapa waktu lalu mengumumkan akan menghentikan tradisi tahunan mereka YouTube Rewind.

Meski begitu, sebagai gantinya YouTube bakal menyelenggarakan acara live streaming selama 24 jam yang menampilkan musisi dan para content creator, untuk melihat lagi tren dan video terbesar pada 2021.

Acara ini bernama Escape2021 dan bakal memiliki tiga bab, dengan bab pertama akan dimulai pada 16 Desember 2021.

Kepada The Verge, dikutip Senin (13/12/2021), Lauren Verrusio, juru bicara YouTube mengatakan Escape2021 tidak dimaksudkan untuk menggantikan YouTube Rewind.

Menurut Verrusio, Escape2021 lebih menawarkan cara baru dalam merayakan tren terbesar di tahun 2021. Acara ini sendiri bakal diisi oleh penampilan, di antaranya BTS, Doja Cat, Mark Rober, dan lain-lain.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Diisi oleh LoFi Girl

Mengutip Engadget, pengguna bisa berpartisipasi dengan live chat di tantangan yang didasarkan dari tren di tahun ini. Saat sudah menyelesaikan semua tantangan, mereka bisa menyaksikan penampilan dari tamu misterius.

Di sini, LoFi Girl yang terkenal dari video "beats to relax" atau "beats to study" akan menjadi tokoh utama protagonis di gelaran ini. Dia akan muncul di awal stream dan di antara tiga chapter.

Tak cuma bahasa Inggris, Escape2021 juga akan digelar dalam bahasa Jerman, Prancis, Spanyol, Jepang, Korea, Portugal, dan Indonesia.

"Bergabunglah dengan kami di acara live akhir tahun di YouTube, yang menampilkan tantangan dan pengalaman interaktif dari tahun terkait…serta kejutan live terakhir yang tidak boleh dilewatkan," tulis YouTube.

Tayangan Escape2021 di saluran YouTube sendiri saat ini masih pada posisi "set reminder" dan akan disiarkan dalam tiga hari, pada 16 Desember pukul 12.00 PM. 

3 dari 4 halaman

YouTube Stop YouTube Rewind

YouTube Oktober lalu secara resmi mengumumkan tidak lagi membuat YouTube Rewind atau video tahunan yang mengumpulkan berbagai tren, pembuat konten, meme, hingga video paling populer dalam satu tahun.

Dalam wawancaranya kepada TubeFilter, YouTube mengatakan akan "memfokuskan kembali energi kami untuk merayakan Anda dan tren yang menjadikan YouTube dengan jenis pengalaman yang berbeda dan diperbarui."

Namun, peerusahaan Google itu tidak mengungkapkan lebih lanjut apa yang akan mereka buat untuk menggantikan YouTube Rewind.

YouTube mengklaim mereka tidak menghentikan tradisi itu karena kritik yang dilontarkan oleh berbagai pihak pada beberapa karya terakhirnya.

Mereka mengatakan sekarang platformnya sudah menjadi begitu besar sehingga dirasa tidak mungkin merangkum keberagamannya dalam kompilasi video berdurasi beberapa menit saja.

Pihak perusahaan pun menyatakan, mereka menyerahkan tongkat estafet kepada para pembuat konten, yang juga semakin banyak memproduksi YouTube Rewind versinya masing-masing dalam beberapa tahun terakhir.

YouTube mengatakan bahwa mereka tidak akan mendanai upaya tersebut, meskipun masih akan mempromosikannya di salurannya.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Geger Akun Penyebar Hoaks di YouTube