Sukses

Google Ungkap Tren Penelusuran Terpopuler Sepanjang 2021

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja merilis laporan Year in Search 2021 berisikan tren penelusuran apa saja yang populer sepanjang tahun ini di Indonesia.

Year in Search 2021 sendiri menggambarkan topik apa saja yang menjadi trending di Indonesia sepanjang tahun ini, dan peningkatan apa saja yang terjadi dalam periode tersebut dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Mengutip keterangan Google, Rabu (8/12/2021), daftar Year in Search 2021 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.

“Dalam beberapa tahun terakhir ini, kita semua telah mengalami serangkaian peristiwa yang membuat kita berada dalam survival mode,” ujar Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia.

Dia menambahkan, "Tahun ini, kita mulai merenungkan dan mencari cara bagaimana kita dapat bangkit lebih tangguh dan terus bertumbuh."

Pada tahun 2021, banyak masyarakat Indonesia mencari jalan menuju pemulihan di tengah pandemi. Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi, tapi masyarakat Indonesia juga bersemangat untuk bertumbuh lebih tangguh, hingga menciptakan terobosan.

Untuk kategori Apa itu, banyak warga Indonesia melakukan pencarian tentang Komorbid, Insecure, Jamet, Gelay, Mletre, Ghosting, Ikoy Ikoy an,  Cepu, Disleksia, dan Lampor.

Sementara di kategori Siapa yang populer pada tahun ini termasuk Greysia Polii, Elon Musk, Siska Kohl, Dewa Kipas, Vanessa Angel, Cha Eun-Woo, Amanda Manopo, Nissa Sabyan, Akidi Tio, dan Anthony Ginting.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara dan Resep

Ilustrasi Mesin Pencari, Google Search. Kredit: Photo Mix via Pixabay

Sedangkan untuk Peristiwa Nasional, banyak warga yang melakukan pencarian tentang KRI Nanggala (402), Pesawat Sriwijaya Air SJ-182, Bom Makassar, PPKM Diperpanjang, BPJS Ketenagakerjaan, Sirkuit Mandalika, Piala Menpora, Piala Thomas, Ledakan Pertamina Balongan Indramayu, hingga PON Papua.

Pandemi juga membuat banyak orang mencari solusi untuk mencari penghasilan tambahan, mencari pekerjaan baru, hingga tampil lebih sehat.

Pembahasan tentang Bagaimana Cara yang populer di tahun ini, termasuk cara jualan online, cara membuat surat lamaran kerja, cara daftar kartu prakerja, cara menurunkan berat badan, hingga cara mengecilkan perut buncit.

Bagi yang suka memasak, kategori Resep yang populer antara lain cara membuat Croffle, Nasi Goreng, Rendang Sapi, Rawon, Kastengel, Cimol Anti Meledak, Brownies Kukus Chocolatos, Tahu Walik, Orek Tempe, dan Donat Empuk. 

 

 

3 dari 3 halaman

Lagu hingga Covid-19

Google Indonesia Year in Search 2016. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Soal lagu, beberapa judul lagu ternyata cukup banyak dicari mulai dari Here's Your Perfect dari Jamie Miller, At My Worts dari Pink Sweat$, hingga Butter dari BTS.

Serial TV Squid Game yang tayang di Netflix pun sangat populer di tahun ini baik di Indonesia hingga secara global. Selain itu, warga juga banyak mencari film/series soal Ali & Ratu Ratu Queens.

Hometown Cha-Cha-Cha, Vincenzo, Godzilla vs Kong, hingga Raya and the Last Dragon juga banyak dicari warganet.

Di kategori Covid-19, warganet juga banyak mencari informasi tentang cara meningkatkan saturasi oksigen, cara menyembuhkan Covid, apa itu anosmia, cara cek sertifikat vaksin, hingga siapa saja yang tidak boleh di vaksin.

(Ysl/Isk)