Sukses

Kemkominfo: Sejumlah Jaringan Telekomunikasi Putus di Sekitar Gunung Semeru, Recovery Tengah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sore kemarin masih berdampak terhadap pasokan arus listrik dan kondisi infrastruktur telekomunikasi milik operator seluler. 

Kondisi ini telah mengganggu layanan jaringan telekomunikasi di beberapa lokasi di sekitar Gunung Semeru.  

Menurut Juru Bicara Kemkominfo, Dedy Permadi, proses pemulihan sedang dilakukan, namun terkendala kondisi wilayah yang masih berbahaya. 

"Sesuai update yang kami terima pagi ini, beberapa BTS site yang dioperasikan oleh Telkomsel, Indosat, XL dan Smartfren mengalami pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN," ungkapnya melalui keterangan resmi, Minggu (5/12/2021).

"Saat ini tindakan recovery dan mitigasi seperti menyiapkan back up genset sedang dilakukan," sambungnya 

Sementara untuk operator lainnya seperti Telkom, Fiberstar, dan Biznet, erupsi Gunung Semeru memutus jaringan kabel telekomunikasi (backbone) operator seluler. 

2 dari 3 halaman

Proses Recovery Terkendala

Dedy menuturkan proses recovery tengah diupayakan, namun terkendala karena status beberapa daerah masih berbahaya sehingga masih belum mengizinkan adanya kegiatan apapun. 

"Saat ini tim sedang mencari _backup_ jaringan yang tersedia dan mencari jalur alternatif yang terdekat dengan jalur existing untuk pemulihan jaringan telekomunikasi bagi masyarakat di sekitar lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru," ucapya memungkaskan.

3 dari 3 halaman

Infografis Gunung Semeru