Sukses

Lionel Messi Kembali Raih Ballon d'Or 2021, Warganet Kritik Sistem Voting

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi meraih penghargaan Ballon d'Or 2021. Hingga saat ini superstar Argentina tersebut telah menjadi kolektor Ballon d'Or terbanyak dengan total raihan tujuh trofi.

Banyak warganet yang memberikan ucapan selamat kepada Lionel Messi di Twitter, namun tak sedikit dari mereka yang menghujani sistem voting penghargaan Ballon d'Or.

Pantauan Tekno Liputan6.com di Twitter, Selasa (30/11/2021), sejumlah warganet menilai sistem voting pada Ballon d'Or tidak adil sehingga membuat Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu menjadi pemenang.

"Pemilihan pemenang penghargaan #BalondOr adalah sebuah kegagalan. Terlepas dari maksud standarisasi kriteria, suara tunduk pada pendapat pribadi. Pemenangnya adalah favorit orang-orang, yang tidak selalu cocok dengan pemain terbaik tahun ini," tulis seorang warganet.

"Anda harus mengubah nama hadiah ini menjadi 'Penghargaan Pemasaran'," cuit warganet lainnya.

"Selama memakai sistem voting mah ya gini lah hasilnya #BalondOr," kicau warga Twitter lainnya.

"Messi punya 7 #BallonDor. Iya sih, tapi 2010 harusnya milik Sneijder, 2021 harusnya milik Lewandowski, 2019 juga harusnya jadi milik van Dijk," timpal yang lainnya.

 

 

2 dari 6 halaman

Messi Kalahkan Dua Pemain

Setelah tahun lalu ditiadakan karena pandemi Covid-19, penghargaan Ballon d'Or kembali diadakan. Kali ini, penganugerahan kembali digelar di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (29/11) malam waktu setempat atau Selasa dini hari WIB.

Messi mengalahkan dua pemain untuk merebut gelar Ballon d'Or 2021. Antara lain, Robert Lewandowski yang berada satu peringkat di bawahnya dan Jorginho yang finish di peringkat ketiga.

Ballon d'Or sendiri adalah penghargaan tahunan yang diberikan majalah asal Perancis, France Football kepada pemain yang dinilai menunjukkan penampilan terbaik selama satu musim. Penghargaan tersebut kali pertama diadakan pada 1956.

 

3 dari 6 halaman

Sukses Bersama Tim Nasional dan Klub

Pencapaian terbesar Messi di 2021 adalah memenangkan trofi Copa America 2021 bersama timnas Argentina beberapa waktu lalu. Ia juga tampil mentereng di ajang tersebut dengan keluar sebagai top skor dengan koleksi empat gol dan lima assist.

Selain meraih gelar pencetak gol terbanyak, performa luar biasa Messi pun membawanya dianugerahi penghargaan pemain terbaik turnamen.

Musim 2020/21 kemarin, Messi tercatat mencetak 30 gol di pentas La Liga yang membuatnya meraih gelar pencetak gol terbanyak El Pichichi.

Atas beberapa pencapaian tersebutlah, Messi langsung dijagokan dalam memenangkan trofi Ballon d'Or 2021. Sebelumnya, ia pernah memenangi penghargaan serupa pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019.

 

4 dari 6 halaman

Semakin Ungguli Cristiano Ronaldo

Gelar Ballon d'Or 2021 ini merupakan trofi bola emas ketujuh bagi Messi, rekor raihan Ballon d'Or terbanyak oleh satu pemain.

Messi pun semakin jauh meninggalkan pesaing abadinya, Cristiano Ronaldo yang hingga kini harus puas dengan raihan lima trofi Ballon d'Or.

Pada edisi Ballon d'Or 2021 ini, Ronaldo hanya mampu menduduki peringkat keenam.

 

5 dari 6 halaman

Peringkat 10 Besar Ballon d'Or 2021

1. Lionel Messi

2. Robert Lewandowski

3. Jorginho

4. Karim Benzema

5. N'Golo Kante

6. Cristiano Ronaldo

7. Mohamed Salah

8. Kevin de Bruyne

9. Kylian Mbappe

10. Gianluigi Donnarumma

6 dari 6 halaman

Infografis kandidat Ballon d'Or