Sukses

DANA Bisa Dipakai untuk Bayar Transaksi Wisata Susur Sungai Kapuas

Liputan6.com, Jakarta - Dompet digital DANA meningkatkan inklusi keuangan digital melalui kolaborasi degan berbagai pihak. Salah satunya dengan Pemkot Pontianak, untuk memperluas pemanfaatan DANA sebagai metode pembayaran nontunai.

Dengan kerja sama ini, Pontianak menjadi kota cerdas sekaligus menerapkan cashless society.

Salah satu caranya dengan kemudahan pembayaran nontunai di wisata susur Sungai Kapuas. Sekadar informasi, Sungai Kapuas menjadi urat nadi kehidupan masyarakat Kalimantan Barat.

Sungai terpanjang di Indonesia ini jadi sarana transportasi murah yang menghubungkan berbagai daerah di Kalbar, terutama yang masih sulit diakses jalur darat. Selain itu, sungai ini juga jadi wisata susur sungai bagi masyarakat dan wisatawan.

DANA pun bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Pontianak berinisiatif untuk menghubungkan kapal-kapal wisata di Sungai Kapuas dengan ekosistem digital.

Digitalisasi kapal wisata Sungai Kapuas ini diwujudkan dengan mengimplementasikan QRIS DANA sebagai metode pembayaran di kapal tersebut.

Chief People & Corporate Strategy Officer DANA, Agustina Samara, mengatakan, peresmian QRIS DANA di Kapal Wisata Sungai Kapuas sebagai alat pendukung pembayaran digital jadi dukungan nyata DANA terhadap digitalisasi UMKM Kota Pontianak di sektor pariwisata.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

11 Kapal Wisata Susur Sungai Hadirkan QRIS DANA

"Penggunaan QRIS DANA diharapkan dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi dan inovasi UMKM agar bangkit dalam menghadapi era ekonomi digital sekaligus pandemi Covid-19," kata Agustina, dikutip dari keterangan DANA, Sabtu (27/11/2021).

Menurut data Dinas Pariwisata Pontianak, saat ini ada sekitar 11 kapal wisata susur Sungai Kapuas dengan model dua lantai yang bisa menampung sekitar 100 wisatawan.

Agustina menambahkan, DANA terus berupaya untuk bekerja sama dengan pemerintah-pemerintah di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Pontianak, agar semakin banyak UMKM yang go digital.

"DANA hadir secara inklusif melalui QRIS pada fitur DANA Bisnis agar pelaku UMKM di Kota Pontianak dapat melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan praktis dan nyaman," katanya.

3 dari 3 halaman

Fitur QRIS Paling Banyak Dipakai

Diklaim DANA, fitur QRIS DANA merupakan salah satu fitur yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dengan pertumbuhan transaksi mencapai 267 persen di bulan Oktober 2021 secara year on year.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak, Syarief Saleh Alkadrie, mengatakan, pihaknya mendorong semua orang, terutama kaum milenial agar melek digital.

Menurutnya, QRIS memberi banyak manfaat dalam sistem pembayaran sehingga memudahkan sektor pariwisata untuk berkembang dan maju.

"Inisiatif ini diharapkan bisa menginspirasi kapal-kapal lain untuk go digital sehingga bisa meningkatkan usaha mereka dan mendatangkan wisatawan ke Pontianak,” katanya.

Selain mendigitalisasi kapal wisata Sungai Kapuas, DANA juga menyelenggarakan DANA Academy, yaitu pelatihan digitalisasi untuk UMKM Pontianak terpilih.

(Tin/Ysl)