Sukses

Menkominfo Dorong Industri Game Nasional Kuasi Pasar Dalam dan Luar Negeri

Kemkominfo berupaya mendorong industri game nasional menguasai pasar dalam negeri dan luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mendukung pemerintah untuk mendongkrak ekosistem industri game (gim) Tanah Air.

Melalui penyelenggaraan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021, Kemkominfo berupaya mendorong industri game nasional menguasai pasar dalam negeri dan luar negeri.

"Kami ingin melihat para pelaku industri game dalam negeri dapat menguasai pangsa pasar yang lebih besar di negeri sendiri, dapat menciptakan produk-produk gim yang bisa bersaing dengan game developer global," ujarnya melalui rekaman video dalam IGDX 2021 Conference di Kuta, Bali, Sabtu (20/11/2021).

Pemerintah juga ingin membuka mata dunia bahwa Indonesia bukan sekadar pasar, tapi juga pemain penting dalam tatanan industri gim dalam negeri maupun luar negeri.

Johnny menegaskan Kemkominfo berupaya memanfaatkan momentum perkembangan industri game dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas ekosistem gim nasional.

"Sekali lagi, kami menyatakan ingin menjadi inisiator dalam menangkap momentum tersebut sehingga bisa menghasilkan kebijakan dan program yang mendukung peningkatan kualitas dan kapasitas pelaku industri kreatif di Indonesia, secara khusus pelaku industri gim atau permainan di Indonesia," tandasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Kegiatan Utama di IGDX 2021

Dalam IGDX 2021 terdapat empat kegiatan utama yaitu IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Career, dan IGDX Conference. Setiap kegiatan melibatkan banyak pihak, dari pelaku industri gim, baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Saya berharap, ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para game developer lokal kita untuk mencari informasi, ilmu dan pengetahuan, jejaring baru," ucap Menkominfo.

Menteri Johnny juga mendorong para pelaku industri gim Indonesia mampu meningkatkan kapasitas perusahaan dan mendapatkan pendanaan.

"Saya berharap teman-teman mampu mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan untuk membuat produk gim yang lebih berkualitas juga meningkatkan kapasitas perusahaan yang teman-teman miliki," tukasnya.

Menurut Menkominfo pelibatan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dalam IDGX merupakan upaya kolaborasi agar menjadikan kegiatan berlangsung menarik.

 

3 dari 4 halaman

Bangun Ekosistem Game Lokal

Lebih dari itu, Johnny berharap penyelenggaran IGDX 2021 dapat menjadi penghubung bagi talenta Indonesia di bidang gim agar dapat menemukan tempat untuk mengembangkan diri dan membangun ekosistem gim dalam negeri.

"Di mana mereka bisa bekerja, berkarir, dan terus juga berkembang menjadi salah satu fondasi kuat ekosistem industri gim negeri kita Indonesia," harapnya.

Menkominfo juga mengharapkan penyelenggaraan IGDX 2021 terus menjadi sarana yang mampu menampung aspirasi pelaku industri gim Tanah Air.

"Saya akan terus mendorong dan mengawasi agar program ini dapat terlaksana dengan sebagaimana seharusnya dan terselenggara sesuai dengan target dan tujuan yang telah ditetapkan," tegasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Sehat Main Game

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.