Sukses

Unik, Begini Jadinya Kalau Pembesut Oven Bikin Smartphone

Sebuah perusahaan pembesut oven asal Jepang mengumumkan kehadiran smartphone pertamanya yang bernama Balmuda Phone. Seperti apa penampakan dan spesifikasinya?

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pembesut oven asal Jepang, Balmuda, mengumumkan kehadiran smartphone pertamanya. Smartphone berukuran layar 4,9 inci itu pun diberi nama Balmuda Phone.

Mengutip GSM Arena, Kamis (18/11/2021), CEO Balmuda Gen Terao mengungkap ide di balik pembuatan smartphone pertama mereka.

Menurut Terao, saat ini ada banyak permintaan akan sebuah smartphone Android berukuran compact. Pasalnya kebanyakan smartphone Android yang ada di pasaran berukuran terlalu besar sehingga sulit dioperasikan hanya dengan satu tangan.

Balmuda Phone didukung layar 4,9 inci dengan resolusi FHD+ dan aspek rasio 16:9. Dibanding smartphone lain di pasaran, pada Balmuda Phone terdapat bezel yang masih cukup tebal di sisi atas dan bawah layar.

Meski begitu, smartphone ini cukup mengikuti tren karena kamera selfie-nya ditempatkan di layar, posisinya ada di sudut kanan atas layar. Balmuda Phone dibekali kamera selfie 8MP.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ringan Banget

Smartphone ini memiliki panjang 123mm, lebar 69mm, dan ketebalan 13,7mm. Bobotnya sangat ringan, hanya 138 gram. Balmuda Phone juga terbuat dari material plastik untuk bodi belakangnya.

Balmuda Phone mengadopsi chipset Snapdragon 765 dari Qualcomm. Perangkat ini memiliki RAM 6GB dan memori internal 128GB.

Smartphone ini juga didukung sebuah kamera tunggal 48MP di bodi belakang, lengkap dengan LED flash dan pemindai sidik jari untuk fitur keamanan.

Berbekal kapasitas baterai 2.500mAh, Balmuda Phone bisa diisi daya menggunakan kabel USB type C serta pengisian daya nirkabel menggunakan charger berteknologi Qi.

3 dari 4 halaman

Pakai Android 11

Dalam hal sistem operasi, Balmuda Phone mengadopsi Android 11 dengan antarmuka yang dikembangkan oleh Balmuda. Di dalamnya terdapat pula aplikasi kamera, kalender, notes, dan kalkulator yang antarmukanya dikembangkan perusahaan.

Smartphone ini baru ada di Jepang dengan opsi warna hitam dan putih. Harganya sekitar JPY 104,800 atau setara Rp 12 jutaan.

Perusahaan mulai membuka pre-order untuk Balmuda Phone pada 17 November 2021 dan penjualan perdana dimulai pada 26 November mendatang. 

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini