Sukses

Deretan Fitur Line untuk Generasi Z, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Line sebagai aplikasi chatting yang dekat dengan generasi muda terus menghadirkan deretan fitur yang mendukung kegiatan mereka. Salah satunya adalah Line Stickers yang tidak hanya digunakan sebagai bentuk ekspresi, tapi juga memiliki fungsi ekonomi kreatif bagi generasi muda.

"Sebagai aplikasi yang banyak digunakan Gen Z di Indonesia, Line berkomitmen untuk menjadi tempat yang tidak hanya nyaman, tapi juga aman bagi Gen Z untuk mengungkapkan ekspresi mereka di era kecerdasan digital ini," tutur Country Manager Line Indonesia, Fanny Verona, dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (22/10/2021).

Fanny menuturkan, Line tidak sekadar meningkatkan ruang berekspresi dan berkreativitas, tapi juga akan menyediakan berbagai program yang dapat mendukung Gen Z di Indonesia beraktivitas secara digital tanpa rasa takut.

Terlebih, menurut Fanny, Gen Z memiliki gaya komunikasi yang sama saat di lingkungan sosial maupun di dunia digital. Karenanya, Line kini memperkenalkan tagar Anak Line sebagai representasi aplikasi chatting ini memungkinkan pengguna dapat menjadi diri sendiri tanpa harus takut berekspresi.

Hal itu ditunjukkan Line dengan menghadirkan fitur OpenChat yang memungkinkan pengguna bergabung dengan berbagai komunitas. Melalui komunitas tersebut, mereka bisa terhubung dan berbagi info dengan orang lain.

Bahkan dalam masa penerimaan mahasiswa baru, fitur ini menjadi salah satu yang digunakan untuk belajar bersama, bertukar informassi mengenai masa ospek, termasuk tips dan trik mencari pekerjaan.

Fitur ini juga lekat dengan budaya pop seperti K-Pop dan menjadi tempat fandom K-Pop membuat kegiatan virtual.

"Terkait dengan keamanan dan kenyamanan pengguna, aktivitas di Line juga memungkinkan mereka terhindari dari berbagai pesan spam yang timbul karena pengguna harus berbagi nomor telepon dengan rekan mereka," tuturnya.

Tidak hanya itu, Line juga menawarkan fitur lain yang tidak kalah menarik, seperti Line Timeline, Split Bill, dan Top Up Payment. Dengan deretan fitur yang ditawarkan, Line menawarkan lingkungan digital bagi pengguna, terutama Gen Z, agar bisa menjadi diri sendiri.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Rayakan Ultah ke-2, LINE OpenChat Gaet 149 Komunitas

Sebelumnya, merayakan hari ulang tahun keduanya yang jatuh pada 1 Agustus 2021 lalu, LINE OpenChat melakukan beberapa program yang dapat diikuti oleh seluruh pengguna layanan dari LINE tersebut.

Dalam siaran pers yang diterima Tekno Liputan6.com, ditulis (5/8/2021), Line OpenChat mengatakan bahwa hal itu merupakan bentuk komitmen mereka untuk mendukung dan mengembangkan pertumbuhan komunitas di Indonesia.

Salah satu programnya adalah pemilihan 149 OpenChat untuk menjadi Super OpenChat.

Super OpenChat merupakan komunitas terpilih dalam OpenChat yang akan mendapatkan sejumlah insentif langsung untuk menunjang kebutuhan berbagai anggota.

Insentif tersebut berupa penggunaan logo Super, gathering khusus, komunikasi langsung dengan tim LINE OpenChat, promosi grup OpenChat di saluran komunikasi LINE, dan lain-lain.

LINE juga mengatakan bahwa Super OpenChat akan mendapatkan kesempatan untuk mencoba sejumlah fitur LINE OpenChat baru sebelum dirilis ke publik.

"Kami terus berupaya untuk memberikan dukungan yang maksimal bagi pertumbuhan komunitas yang menjadi salah satu elemen penting industri kreatif di Indonesia," kata Trisnia Anchali, Chief Commercial Officer LINE Indonesia.

3 dari 4 halaman

Adakan Gathering Online

Trisnia menambahkan, mereka juga menyelenggarakan sejumlah program yang dapat membantu berbagai kelompok di LINE OpenChat dengan minat serupa, agar bisa berkontribusi dengan lebih positif bagi perkembangan OpenChat yang bersangkutan dan anggotanya.

Sejumlah program diadakan untuk mendukung agar komunikasi menjadi lancar di masa pandemi ini, salah satunya adalah gathering online. Kegiatan ini dihadiri oleh 100 orang dengan mengundang sejumlah admin dan co-admin dari Super.

Selain untuk mendekatkan jarak di masa pandemi, berbagai kegiatan dalam gathering tersebut juga sebagai pembekalan untuk meningkatkan soft skill dalam berkomunikasi sebagai orang di balik layar LINE OpenChat.

Chengluc dari OpenChat Kocheng UI mengatakan bahwa fitur tersebut bermanfaat bagi dirinya seperti menambah ilmu, relasi, dan pengalaman.

"Aku menemukan banyak teman yang sekarang sudah seperti keluarga, hingga bertemu orang-orang yang sangat spesial di hidupku," katanya.  

LINE OpenChat sendiri sebelumnya hadir di Indonesia dengan nama LINE Square pada 2017. Hingga Desember 2020, LINE menyebut terdapat 18 juta anggota di Indonesia yang bergabung dalam layanan tersebut.

Layanan bebas biaya ini berbasis komunitas yang memberikan wadah kepada masyarakat, khususnya generasi Z, untuk dapat berkumpul secara daring sesuai dengan minat dan hobi yang digemari secara anonim.

(Dam/Tin)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Tiongkok Blokir Aplikasi