Sukses

Fitur Aktivitas Teman Viral di Media Sosial, Ini Kata Shopee

Jadi perbincangan warganet, Shopee Indonesia pun memberikan klarifikasi soal fitur Aktivitas Teman di aplikasinya tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, sejumlah warganet dibuat terkejut dengan postingan tentang fitur baru di aplikasi Shopee, yakni Aktivitas Teman.

Lewat postingan yang diunggah oleh akun Twitter @efify, diketahui fitur baru di aplikasi ini dapat mengetahui sejumlah aktivitas pengguna dan membagikannya ke teman.

Jadi perbincangan warganet, Shopee Indonesia pun memberikan klarifikasi soal fitur baru di aplikasinya tersebut.

"Kami informasikan pengguna memiliki kontrol penuh untuk bisa mengatur privasi akunterkait riwayat kegiatan mereka," kata Juru Bicara Shopee Indonesia kepada media, Kamis (14/10/2021).

Dia juga mengatakan, "Shopee juga telah mengatur agar barang-barang dari kategorisensitif secara otomatis tidak dapat dilihat oleh pengguna lain."

Selain itu, perusahaan juga memberikan informasi tentang bagimana caranya menonaktifkan fitur itu di bawah ini.

1. Ketuk “Pengaturan Akun”

2. Setelah masuk ke “Pengaturan Akun”, pilih “Pengaturan Privasi”

3. Setelah masuk ke “Pengaturan Privasi”, pilih “Sembunyikan aktivitas saya” untuk beberapa aktivitas yang Anda ingin sembunyikan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Viral Fitur Aktivitas Teman di Shopee

Ilustrasi Belanja Online, e-Commerce, eCommerce, Online Marketplace, Bisnis Online

Sebelumnya, akun Twitter @efify di media sosial terkejut saat melihat ada tab baru di kolom chat dan pengaturan privasi di aplikasi Shopee.

"Pas buka chat, aneh ada tab baru aktivitas temen. Pas gue buka, isinya barang yang dibelanjain temen gue dan dia review barang apa aja," tulis cuitan tersebut.

Dari screenshot Pengaturan Aktivitas yang diposting, tampak sejumlah opsi yang dapat dinyalakan atau dinonaktifkan oleh pengguna.

Adapun opsi tersebut meliputi sembunyikan sejumlah aktivitas, seperti penilaian produk, saat menyukai penilaian produk, pesanan yang belum dinilai, hingga komentar pada postingan feed.

Lanjut dia menyebutkan, "Temen yang saling save kontak bisa tau Lo belanja dan review barang apa aja."

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Cuitan ini langsung viral dan mendapatkan reaksi di Twitter. Beberapa dari mereka mengatakan, "Wah gila sih, Shopee mau sok bersosial media tapi malah ngga jaga privasi orang lain. Parah banget," twitt @aviseuu.

Lainnya juga merasa, Shopee adalah marketplace bukan sebuah media sosial pengguna buat interaksi.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.