Sukses

Blue Origin Sukses Terbangkan Aktor Star Trek William Shatner ke Luar Angkasa

Penerbangan dengan roket Blue Origin tersebut membuat aktor Star Trek William Shatner menjadi orang tertua yang pernah pergi ke luar angkasa

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Star Trek, William Shatner, berhasil menjadi orang tertua yang pernah ke luar angkasa, usai sukses melakukan penerbangan dengan roket dan kapsul dari Blue Origin pada Rabu (13/10/2021) pagi waktu setempat.

Pemeran Captain Kirk di franchise Star Trek lawas itu melakukan penerbangan bersama tiga penumpang lainnya ke ketinggian 107 kilometer di atas gurun Texas Barat dengan kapsul otomatis Blue Origin.

Usai penerbangan yang berlangsung selama 10 menit tersebut, Shatner dan penumpang lainnya lalu kembali ke Bumi dengan selamat. Perjalanan itu juga disiarkan secara langsung di kanal YouTube Blue Origin.

Dilansir AP News, kembalinya Shatner disambut secara langsung oleh pemilik Blue Origin, Jeff Bezos.

"Apa yang sudah Anda berikan kepada saya adalah pengalaman yang paling mendalam," kata Shatner kepada pendiri Amazon tersebut setelah keluar dari lubang palka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman yang Mengharukan

Shatner pun berharap dirinya bisa mempertahankan apa yang dia rasakan saat itu. "Saya tidak ingin kehilangannya," ujar pria 90 tahun tersebut.

Shatner mengatakan, ketika dirinya meninggalkan langit biru ke luar angkasa yang gelap, hal itu menjadi sebuah pengalaman yang menurutnya mengharukan.

"Dalam sekejap Anda pergi, 'Whoa, itu kematian.' Itulah yang saya lihat," katanya.

Sang aktor juga mengaku terkejut dengan begitu rentannya Bumi dan atmosfernya.

"Lapisan biru, selubung ini, selimut ini, selimut biru yang kita miliki di sekitar kita, kita berkata, 'Oh, itu langit biru.' Dan kemudian tiba-tiba Anda menembus semuanya, dan Anda melihat ke dalam kegelapan."

3 dari 4 halaman

Orang Tertua yang Pernah ke Luar Angkasa

Mengutip CNET, ini merupakan penerbangan berawak kedua yang dilakukan oleh Blue Origin. Pada 20 Juli lalu, roket New Shepard membawa Bezos, saudaranya Mark, serta Wally Funk dan Oliver Daemen.

Dengan penerbangan yang diikuti olehnya, Shatner pun mengambil alih gelar orang tertua yang pernah ada di luar angkasa dari Wally Funk (82), yang sempat memegangnya selama tiga bulan.

Bersama Shatner, perjalanan itu juga diikuti oleh Chris Boshuizen, mantan insinyur NASA dan salah satu pendiri perusahaan pencitraan satelit Planet Labs.

Selain itu ada juga Glen de Vries, pengusaha dan eksekutif dengan perusahaan perangkat lunak Prancis Dassault Systeme;, serta Audrey Powers, Wakil Presiden Misi dan Operasi Penerbangan Blue Origin.

4 dari 4 halaman

Infografis Negara Asgardia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.