Sukses

Ada Perubahan Konfigurasi Server, Twitch Mengalami Kebocoran Data

Twitch telah mengalami kebocoran data besar-besaran.

Liputan6.com, Jakarta - Twitch telah mengonfirmasi bahwa terjadi peretasan besar-besaran yang tampaknya telah mengekspos kode sumber, angka pembayaran streamer dan informasi lainnya.

Tim Twitch mengatakan, data yang terpapar ke internet karena kesalahan dalam perubahan konfigurasi server Twich yang kemudian diakses oleh pihak ketiga yang meretas.

Dilansir Engadget, Kamis (7/10/21), tim Twitch sedang bekerja dengan urgensi untuk menyelidiki serangan itu. Situs streaming milik Amazon menambahkan kata sandi tidak terungkap, selain itu nomor kartu kredit lengkap tidak disimpan oleh Twitch, dipastikan nomor kredit pengguna aman dan tidak terekspos.

Aplikasi streaming ini mengatakan bahwa telah mengatur ulang semua kunci aliran dan menyediakan tautan untuk mendapatkan yang baru.

Pengguna Twitch Studio, Streamlabs, Xbox, PlayStation, dan Twitch Mobile App tidak perlu melakukan tindakan apa pun agar kunci baru pengguna berfungsi.

Namun, jika pengguna belum menghubungkan akun OBS ke Twitch, pengguna harus menyalin streaming secara manual dari Dasbord Twitch dan memindahkan ke OBS.

Kemarin, penyerang mengatakan bahwa ia mencuri keseluruhan Twitch termasuk klien Twitch dan situs tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Twitch Telah Mengatur Ulang Aplikasi

Kebocoran ini juga menunjukkan pembayaran pencipta dalam jutaan untuk streamer seperi xQc, Nickmercs, dan Shroud. Beberapa telah mengkonfirmasi bawah angka-angka tersebut akurat.

Twitch mengatakan bahwa peneyelidikan sedang berlangsung. Twitch telah menambahkan pembaruan terbaru, pada pukul 5 pagi bahwa, Twitch telah mengatur ulang semua kunci aliran dan menyarankan pengguna mengenai cara memperbarui perangkat mereka.

Penulis : Alicia Salsabila

3 dari 3 halaman

Infografis Kejahatan Meningkat saat Pandemi Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.