Sukses

Facebook Pastikan Tak Ada Aktivitas Jahat Selama Layanannya Tumbang

Facebook memastikan tidak ada aktivitas jahat dan peretasan data pengguna selama layanannya, Instagram, dan WhatsApp down pada 4-5 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta Facebook memastikan selama layanannya, Instagram, dan WhatsApp down tidak ada aktivitas berbahaya, termasuk upaya peretasan. Informasi ini disampaikan Facebook dalam laman Engineering Facebook, sesaat setelah layanannya, Instagram, dan WhatsApp pulih usai 6 jam tumbang.

"Kami ingin memastikan tidak ada aktivitas jahat di balik pemadaman ini. Akar masalahnya adalah perubahan konfigurasi yang salah di pihak kami," kata Facebook memberikan penegasan, seperti dikutip dari laman Engineering Facebook, Rabu (6/10/2021).

Lebih lanjut Facebook juga mengatakan, "Kami juga tidak memiliki bukti bahwa data pengguna telah disusupi sebagai akibat dari waktu henti ini."

Dalam kesempatan yang sama, Facebook juga mengaku pihaknya bekerja keras untuk memulihkan akses sistem mereka. Perusahaan juga memberikan penjelasan mengenai penyebab Facebook, Instagram, dan WhatsApp down berjamaah. 

"Tim engineering kami mengetahui, perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara data center kami menyebabkan masalah yang menganggu komunikasi ini," kata Tim Engineer Facebook.

Disebutkan pula, "Gangguan pada lalu lintas ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layanan Instagram, Facebook, dan WhatsApp Down

Sebelumnya pada 4 Oktober 2021 malam, layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram down secara seretak di berbagai negara di dunia.

Berdasarkan pantauan tim Tekno Liputan6.com, Senin (4/10/2021), pukul 23.06 WIB, ada ribuan laporan yang masuk dari dari pengguna.

Tak hanya di Indonesia atau Asia Tenggara, laporan yang masuk soal datang dari berbagai negara di dunia.

Saat berita ini di publish, ada sekitar 60 ribu pengguna yang melaporkan Facebook bermasalah. Sedangkan untuk WhatsApp down sendiri ada sekitar 54 ribuan.

Untuk Instagram dan Facebook Messenger ada sekitar 1,691 dan 2,984 laporan yang masuk.

Saat kami coba, mengirim teks ataupun foto via WhatsApp tidak ada yang bisa terkirim. Sementara feed di Instagram pun tidak bisa di refresh dengan tulisan "couldn't refresh feed."

3 dari 4 halaman

Warganet Mengeluh Facebook Cs Down

Pengguna internet ramai-ramai mengeluhkan layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down.

Keluhan warganet diutarakan melalui media sosial Twitter hingga menjadi trending topik di Indonesia dan dunia, Senin (4/10/2021) malam.

Keluhan WhatsApp down dicuitkan hingga lebih dari 800 ribu kali. Sementara warganet ramai mencuitkan tagar #Instagramdown hingga lebih dari 50 ribu kali.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Facebook Cs Down

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.