Sukses

Facebook Rilis Fitur Reels Seperti Instagram

Facebook mengumumkan telah meluncurkan Reels bagi pengguna iOS dan Android di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Meski Reels sudah ada di media sosial saudaranya, Instagram, Facebook akhirnya memperluas fitur video pendek tersebut ke aplikasi utama mereka.

Facebook di laman resminya mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan Reels bagi pengguna iOS dan Android. Namun fitur ini baru tersedia di Amerika Serikat.

"Kami menghadirkan pengalaman video pendek yang menghibur dan alat yang telah menginspirasi pembuat konten di Instagram kepada lebih banyak pembuat konten dan pemirsa di aplikasi Facebook," tulis mereka.

Mengutip The Verge, Kamis (30/9/2021), Facebook lebih dari sebulan lalu memang mengumumkan uji coba memadukan konten video pendek Instagram Reels dengan aplikasi utamanya. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekomendasi IG ke FB

Facebook mengatakan, Reels Facebook bisa terdiri dari musik, audio, efek, dan lain-lain.

"Anda dapat menemukannya di News Feed atau di grup, dan saat melihat reel di Facebook, Anda dapat dengan mudah mengikuti pembuatnya langsung dari video, menyukai dan mengomentarinya, atau membagikannya dengan teman," jelas Facebook.

Facebook juga mengatakan bahwa mereka sedang melakukan uji coba agar kreator di Instagram dapat merekomendasikan Reels mereka ke aplikasi utamanya.

"Dalam pengujian kecil ini, sejumlah kecil pembuat konten Instagram akan melihat opsi reel mereka direkomendasikan di Facebook. Pilihan melakukan ini sepenuhnya dalam kendali mereka," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Program Bonus

Di samping itu, Facebook juga mengumumkan program bonus Reels Play, yang mengundang pembuat konten tertentu untuk mendapatkan bayaran berdasarkan kinerja video mereka.

Program ini sendiri diawali untuk mereka yang mendapatkan undangan dan dimulai di AS. Namun Facebook mengatakan mereka "berpotensi berkembang secara global seiring waktu."

Mirip dengan Reels Instagram, Facebook mengatakan akan segera menguji iklan layar penuh dan imersif di antara Reels, untuk membantu bisnis kecil dan jenama terhubung dengan audiens.

"Sama seperti konten Reels organik, seseorang bisa berkomentar, menyukai, melihat, menyimpan, membagikan, dan melewatinya," kata mereka.

Untuk Reels di aplikasi utamanya, Facebook memiliki beberapa efek mulai dari menambahkanan audio, efek Augmented Reality (AR), timer dan countdown (hitung mundur), mengatur kecepatan, serta multi-klip.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.