Sukses

Tim Cook: Karyawan yang Bocorkan Informasi Tak Pantas Jadi Bagian dari Apple

Liputan6.com, Jakarta - CEO Apple Tim Cook tampaknya kesal ada karyawan yang kerap membocorkan memo internal perusahaan ke pihak pers.

Tim Cook pun mengirimkan email kepada para karyawan Apple terkait dengan pertemuan semua pihak yang sempat bocor ke media.

Seolah mengekspresikan kekesalannya, Tim Cook mengatakan, "Perusahaan melakukan segala cara untuk mengidentifikasi siapa yang membocorkan (informasi). Orang yang membocorkan informasi rahasia bukanlah bagian dari Apple."

Dikutip dari The Verge, Kamis (23/9/2021), pada 17 September 2021 saat pertemuan internal, Tim Cook mengumumkan bahwa Apple akan mempersyaratkan tes Covid-19 untuk karyawan yang tidak divaksinasi (tidak memenuhi untuk divaksin).

Dalam pertemuan tersebut, Tim Cook juga mengatakan, "perusahaan menantikan untuk bergerak maju, setelah kasus dugatan antimonopoli Epic vs Apple."

Tidak lama setelah pertemuan internal, kedua berita itu bocor ke The Verge. Kini, sang bos Apple mengaitkan berita tersebut dengan kebocoran produk yang secara historis tengah dilacak oleh perusahaan.

Berikut adalah email Tim Cook yang bocor:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Email yang Bocor

Tim (Apple) yang terhormat,

Senang sekali bisa terhubung dengan Anda di pertemuan karyawan global pada hari Jumat. Ada banyak hal untuk dirayakan, mulai dari jajaran produk baru kita yang luar biasa hingga pekerjaan yang didorong oleh nilai-nilai kita seputar perubahan iklim, kesetaraan ras, dan privasi.

Itu adalah kesempatan yang baik untuk merenungkan banyak pencapaian kita dan untuk berdiskusi tentang apa yang ada di pikiran Anda.

Saya menulis hari ini karena saya mendengar banyak dari Anda sangat frustrasi melihat isi rapat (internal) bocor ke wartawan. Ini terjadi setelah peluncuran produk, di mana sebagian besar detail pengumuman kita juga bocor ke pers.

Saya ingin Anda tahu bahwa saya berbagi rasa frustrasi Anda. Peluang untuk terhubung sebagai tim ini sangat penting. Tetapi keterhubungan ini hanya berfungsi jika kita dapat percaya bahwa konten akan tetap berada di dalam Apple.

Saya ingin meyakinkan Anda bahwa kami melakukan segala daya kami untuk mengidentifikasi mereka yang membocorkannya. Seperti yang Anda ketahui, kami tidak menoleransi pengungkapan informasi rahasia, baik itu IP (hak intelektual) produk atau detail rapat rahasia.

Kita tahu bahwa para pembocor adalah sejumlah kecil orang. Kami juga tahu bahwa orang yang membocorkan informasi rahasia tidak berhak berada di sini.

Seiring waktu, saya ingin mengucapkan terima kasih atas semua yang telah Anda lakukan untuk membuat produk Apple menjadi kenyataan dan semua yang akan Anda lakukan untuk membawanya ke tangan pelanggan.

Kemarin Apple merilis iOS 15, iPadOS 15, dan watchOS 8, dan hari Jumat menandai momen ketika Apple membagikan beberapa produk baru kami yang luar biasa kepada dunia.

Tidak ada yang lebih baik dari itu. Kami akan terus mengukur kontribusi perusahaan dalam kehidupan yang kami ubah, koneksi yang kami bina, dan pekerjaan yang kami lakukan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Terima kasih,

Tim

 

3 dari 4 halaman

Luncurkan iPhone 13

Sebelumnya, Apple mengungkap smartphone terbarunya, iPhone 13 series, dalam peluncuan Apple Event yang digelar secara live streaming dari California, AS, Selasa 14 September 2021 atau Rabu (15/9/2021) dini hari waktu Indonesia.

Dalam Apple Event 2021, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, memperkenalkan empat model iPhone 13 sekaligus. Keempat model yang dimaksud adalah iPhone 3 Mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

CEO Apple Tim Cook mengatakan, iPhone telah menjadi pilihan bagi jutaan pengguna di seluruh dunia berkat berbagai fiturnya, termasuk privasi yang ketat.

"Kami terus membuat iPhone menjadi lebih baik, performanya meningkat, dan punya durabilitas tinggi. Hari ini kami memperkenalkan iPhone generasi terbaru, iPhone 13 series," kata Tim Cook memperkenalkan iPhone 13.

Sementara itu, VP iPhone Product Marketing, Kaiann Drance, mengatakan iPhone 13 dan iPhone 13 mini hadir dengan desain yang disukai oleh para pengguna, peningkatan pada ceramic shield yang membuat layar lebih tangguh, serta dukungan sertifikat IP68.

Ada perbedaan desain dari iPhone 13 mini dan iPhone 13, yakni pada peletakan frame kamera. Kini, kedua kamera tidak diletakkan secara vertikal atas bawah, melainkan miring alias diagonal. Hal ini seperti bocoran yang beredar sejak beberapa waktu lalu.

(Dam/Tin)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang iPhone