Sukses

Review Oppo Reno6: Kamera Lebih Canggih, Nyaman Buat Gaming

Liputan6.com, Jakarta - Oppo merilis Reno6 Juli lalu. Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk mencoba smartphone ini selama beberapa waktu.

Seperti seri Reno lainnya, perangkat Reno6 ini mengandalkan kemampuan kameranya yang makin canggih. Salah satunya dengan kehadiran fitur Bokeh Flare Portrait Video.

Fitur di smartphone terbaru Oppo ini memungkinkan pengguna untuk membuat efek bokeh dengan kualitas sinematik.

Selain itu, juga ada fitur AI Highlight Video yang memungkinkannya mampu mendeteksi cahaya sekitar untuk meningkatkan kualitas video dengan menerapkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR.

Oppo Reno6 juga mempunyai sejumlah fitur gaming, mulai dari Quick Startup. Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses gim dengan lebih cepat karena memangkas waktu loadingnya. Adapula fitur Game Focus Mode hingga Hyperboost 4.0.

Bagaimana pengalaman kami menggunakan smartphone ini? Yuk ikuti artikel ini ya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Desain

Desain Reno6 bisa dibilang agak mirip dengan pendahulunya, Reno5. Namun terdapat perbedaan pada desain modul kamera dan kombinasi warna yang dibawa.

Reno6 memiliki dua opsi warna yakni Aurora dan Stellar Black. Unit yang kami review adalah Aurora dengan paduan warna abu-abu dan terlihat kilauan warna biru, merah muda, ungu, kuning, dan lain-lain.

Hal ini karena Reno6 diproses dengan Diamond Spectrum, memungkinkan terciptanya efek visual yang selalu berubah, jika terkena cahaya.

Dengan desain yang agak kesat, bodi belakang Reno6 juga tidak menceplakkan sidik jari ketika dipakai. Hal ini jadi nilai plus karena pengguna bisa tetap menggenggam smartphone dengan nyaman tanpa pakai casing.

Kendati demikian, Reno6 sudah dibekali dengan casing silikon bening di boks untuk pengguna yang senang memakainya.

Pada bagian depan Reno6 didukung layar AMOLED 6,4 inci dengan refresh rate 90Hz yang nyaman untuk digunakan menonton konten atau pun gaming.

Selain itu pada layar dilengkapi dengan single punch hole untuk menempatkan kamera. Reno6 diklaim sudah didukung sertifikasi Netflix HD dan Amazon Prime Video HD. Kehadiran sertifikasi ini berimbas pada kualitas streaming konten yang lebih detail.

Agar mata pengguna tidak mudah letih saat melihat layar, Reno6 juga dilengkapi sertifikat SGS Eye Care Display.

Dari segi desain, Reno6 Aurora memiliki ukuran yang tipis dan nyaman digenggam. Perangkat ini hanya setebal 7,8mm dan bobot hanya 173 gram.

Tombol di Reno6 ditempatkan di sisi kanan dan kiri (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).Tombol di Reno6 ditempatkan di sisi kanan dan kiri (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Reno6 sudah menggunakan USB Type C untuk untuk pengisian daya. Oppo juga masih mempertahankan jack audio 3,5mm di sisi port USB Type C.

Oppo Reno6 menggunakan port USB Type C untuk pengisian daya dan masih mempertahankan jack audio 3,5mm (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Tombol power diletakkan di sisi kanan smartphone dengan tombol volume di sisi kiri. Semetara, sim card tray terletak di sisi kiri, tepat di atas tombol volume.

Slot SIM Card Reno6 bisa memuat dua kartu SIM dan sebuah Micro SD card (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

SIM card tray Oppo Reno6 bisa memuat dua kartu SIM dan satu katu microSD.

3 dari 6 halaman

2. Performa

Reno6 didukung prosesor Snapdragon 720G. G pada chipset Snapdragon merujuk pada Gaming. Tidak heran Oppo begitu menekankan ke konsumen, smartphone ini mampu mendukung pengalaman gaming mobile kelas berat sekali pun.

Tidak hanya untuk mendukung performa gaming, Snapdragon 720G juga mendukung seluruh proses konten video maupun foto. Salah satunya adalah menyokong operasional fitur AI Bokeh Flare Portrait Video.

Dukungan Snapdragon 720G membuat kinerja smartphone lancar dan tidak ada gangguan untuk memproses berbagai perintah. Apalagi, Reno6 didukung RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Kinerja mulus ini juga didukung fitur baru yang jarang ada di smartphone lain. Fitur yang dimaksud adalah RAM Expansion. Fitur ini memungkinkan pengguna memanfaatkan bagian dari penyimpanan 128GB UFS 2.1 yang tidak dipakai untuk dialokasikan sebagai RAM.

Pengguna bisa mengalokasikan 2GB, 3GB, hingga 5GB menjadi RAM virtual. Dengan begitu, jika ditotal, keseluruhan RAM Reno6 bisa mencapai 13GB.

Bicara penggunaan sehari-hari, Reno6 sudah sangat cukup untuk dipakai untuk memenuhi aktivitas sehari-hari pengguna. Baik yang suka Zoom meeting atau virtual meeting, membuat konten, atau ngegim, dan lain-lain, Reno6 mampu memenuhinya dengan baik.

Kami mencoba Reno6 untuk main gim antara lain adalah PUBG Mobile selama 40 menitan. Ketika main gim ini, grafis maksimal yang ditawarkan adalah HD dengan frame rate High begitu juga dengan tampilan Lobby.

Main gim PUBG Mobile di Reno6 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Salah satu fitur yang mendukung gaming di Reno6 adalah Quick Startup. Fitur ini merupakan bagian dari ColorOS 11, yang mengidentifikasi gim favorit paling sering dimainkan dan tetap aktif di latar belakang.

Dengan begitu, ketika pengguna mau main gim tersebut, secara otomatis Reno6 akan membuat jalan pintas untuk langsung berada di halaman gim dengan satu klik. Hal ini mempersingkat pemuatan gim.

Untuk mengaktifkannya pengguna bisa membuka Game Space > scroll ke bawah hingga Quick Startup > Enable.

Fitur Game Space di Reno6 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Fitur lain adalah Hyper Boost yang meningkatkan sensitivitas sentuhan serta respons game, mengurangi jeda, meningkatkan frame rate, dan meningkatkan scene loading time.

Oppo Reno6 juga punya fitur Game Assistant yang membantu pengguna mengakses pengaturan gim dengan cepat, caranya adalah menarik jendela dari sisi atas layar. Di sini, pengguna bisa memblokir notifikasi, alarm, gesture, perpesanan dan panggilan agar tidak menganggu permainan.

4 dari 6 halaman

3. Kamera

Salah satu keunggulan Reno6 ada di bagian kameranya. Reno6 memiliki empat kamera belakang, yakni kamera utama 64MP dengan aperture f1.7, kamera wide angle 8MP dengan sudut 119 derajat dan aperture f2.2.

Selain itu ada pula kamera makro 2MP (4cm) dengan aperture f2.4, dan kamera mono 2MP dengan aperture f2.4. Untuk kamera selfie-nya, Oppo Reno6 memiliki lensa 44MP dengan aperture f2.4.

Selain dari lensa-lensa yang digunakan, kemampuan kamera Reno6 juga berkat penggunaan Snapdragon 720G yang mendukung seluruh proses konten video maupun foto.

Salah satunya adalah menyokong operasional fitur AI Bokeh Flare Portrait Video. Fitur ini digadang-gadang jadi yang pertama di industri kamera, secara otomatis memberikan efek bokeh dengan kualitas sinematik.

Fitur ini tersedia berkat dukungan algoritma AI, sehingga mampu menghadirkan proses video real-time untuk menangkap video potret dengan latar bokeh.

Berikut adalah beberapa hasil jepretan Oppo Reno6 dalam berbagai skenario cahaya:

Pada foto di bawah ini, ketika dipakai memotret hewan peliharaan, Reno6 mampu menampilkan detail yang baik pada bagian bulu-bulu hewan. 

Hasil foto Reno6 untuk memotret hewan peliharaan (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Reno6 juga mampu menghasilkan warna yang baik saat dipakai untuk menjepret langit. 

Oppo Reno6 untuk memotret langit (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Suasana kota juga terpotret dengan baik, termasuk ketika langitnya tengah mendung. 

Oppo Reno6 untuk memotret suasana kota (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Pada foto Bokeh, Reno6 menghasillkan bokeh yang rapi.

Oppo Reno6 saat dipakai memotret foto bokeh (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Hasil foto selfie dengan Reno6.

Oppo Reno6 untuk selfie (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Dua foto ini memperlihatkan bagaimana Oppo Reno6 menjepret foto pada malam hari baik saat tidak menerapkan Night Mode atau mengaktifkannya. 

Hasil foto Oppo Reno6 malam hari (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).Hasil foto dengan Oppo Reno6 pada malam hari menggunakan fitur Night Mode (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Pada foto ini tergambar jelas suasana malam di jalanan yang minim cahaya, namun ketika menerapkan Night Mode, Reno6 mampu mengambil foto yang jauh lebih terang. 

Hasil foto Oppo Reno6 malam hari (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).Hasil foto Oppo Reno6 malam hari menggunakan Night Mode (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

 

5 dari 6 halaman

4. Baterai

Reno6 mengusung kapasitas baterai 4.310 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat 50W Flash Charge.

Kombinasi tersebut membuat pengisian daya Reno6 bisa mencapai 100 persen dari kondisi kosong dalam waktu 45 menit.

Berdasarkan pengalaman kami, penggunaan baterai Reno6 cukup hemat untuk pemakaian sehari-hari. Sebagai gambaran, kami main gim PUBG Mobile selama sekitar 30-40 menit-an, baterai dari 37 persen tersisa 26 persen untuk permaianan tersebut.

Bodi belakang Reno6 juga tidak panas sepanjang berlangsungnya gim. Makanya, kami menilai perangkat ini cukup nyaman saat dipakai mengakses banyak aplikasi sekaligus karena bodinya tidak cepat panas atau hangat.

Dengan hematnya baterai, perangkat Reno6 kami rasa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pengguna. Terutama bagi mereka yang aktif menggunakan smartphone untuk membuka kamera, main gim, aktif chatting, hingga mengakses medsos.

Kalau pun kapasitas daya di atas tidak cukup untuk seharian, pengisian daya juga berlangsung dengan cepat.

6 dari 6 halaman

5. Kesimpulan

Oppo Reno6 hadir sebagai salah satu smartphone di rentang Rp 5 jutaan yang memboyong kemampuan kamera yang mumpuni untuk membuat konten. Tapi terlepas dari kamera, performa Reno6 juga cukup buas untuk smartphone di kelasnya. 

Bagaimana tidak, dengan dibekali chipset Snapdragon 720G, Oppo Reno6 mampu melibas berbagai gim berat serta pemrosesan video AI Bokeh Flare Potrait yang jarang ada di smartphone

Oppo Reno6 juga didukung software ColorOS 11 yang simple dan mudah dipakai. Belum lagi, di ColorOS 11 juga terdapat fitur pendukung gaming, Game Space. Fitur ini membuat pengguna lebih nyaman untuk main gim tanpa terganggu notifikasi dan waktu muat pun lebih singkat. 

Home Screen Oppo Reno6 (Liputan6.com/ Agustin Setyi W).

Berbagai fitur Oppo Reno6 seperti NFC, RAM Expansion, dan Air Gesture juga memudahkan pengguna untuk mengeksplor lebih dalam lagi mengenai smartphone, guna menunjang produktivitas lebih tinggi. 

Hal lain juga patut diapresiasi adalah Reno6 yang tipis, penuh warna, tetapi juga nyaman digenggam tanpa harus khawatir ada ceplakan sidik jari. Dengan desain ini, main gim berlama-lama pun tidak membuat tangan lelah. 

Kelebihan:

- Bodi tipis dan tidak berat, nyaman digenggam

- RAM Expansion, meningkatkan RAM dengan memanfaatkan memori internal yang tidak dipakai

- Baterai hemat

- Hasil kamera cukup baik

- Performa perangkat kencang untuk berbagai kegiatan

Kekurangan:

- Desainnya hampir sama dengan Reno5

- Refresh rate hanya 90Hz. 

(Tin/Ysl)