Sukses

WhatsApp Akan Punya Fitur Baru, Pengguna Bisa Cari Chat Berdasarkan Tanggal

WhatsApp akan menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mencari chat atau percakapan lawas berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi pesan paling populer di dunia, WhatsApp, terus meningkatkan fitur dan tool-nya untuk memberi pengalaman terbaik bagi para pengguna.

Kini WhatsApp bakal punya fitur baru yang memudahkan pengguna, terutama bagi mereka yang senang mencari pesan-pesan lama untuk dibaca kembali.

Fitur baru WhatsApp yang akan datang bernama "Chat Search". Fitur ini memungkinkan pengguna mencari percakapan lama berdasarkan tanggalnya.

Mengutip Digital Information World, Jumat (10/9/2021), informasi ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo.

Disebutkan, fitur Chat Search ini telah diuji sejak November lalu dan sekarang ramai dibicarakan. Kemungkinan, fitur Chat Search akan diluncurkan lebih cepat.

Apa Sih Fungsi Fitur Ini?

Rupanya, ketika fitur baru tersebut diluncurkan, pengguna WhatsApp akan melihat ikon seperti kalender kecil di sisi kanan kotak pengetikan obrolan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cari Chat Berdasarkan Tanggal, Bulan, Tahun

Ketika pengguna mengetuk kotak kecil itu, fitur seperti kotak akan muncul. Isinya adalah 12 bulan dalam setahun, 31 hari dalam sebulan, dan semua tahun percakapan yang ada di WhatsApp dalam kotak pilihan gulir.

Kehadiran kotak ini cukup berguna, pasalnya saat mencari chat lawas, pengguna WhatsApp biasanya men-scroll layar ke atas. Sayangnya kadang chat yang dicari tidak ketemu karena posisinya sudah terlalu di atas atau tidak terbaca.

Untuk itulah, lewat fitur baru bernama Chat Search, pengguna WhatsApp akan bisa memilih tanggal, bulan, dan tahun saat chat dibuat.

3 dari 4 halaman

Hadir Lebih Dahulu di iPhone?

Sistem WhatsApp pun secara otomatis akan mengarahkan pengguna ke percakapan yang terjadi di waktu yang dipilih.

Nah, saat ini fitur Chat Search tengah dalam pengujian dan WhatsApp belum memberikan kepastian mengenai tanggal perilisan.

Kendati demikian, diketahui fitur Chat Search akan hadir lebih dulu di versi iOS. Jika semuanya berjalan lancar, fitur Char Search mungkin bakal dirilis ke Android.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang WhatsApp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.