Sukses

WhatsApp Akan Izinkan Pengguna Sembunyikan 'Last Seen' dari Pengganggu

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan aplikasi pesan membuat kemudahan untuk menemukan kapan terakhir kali kontak terlihat online. Hal ini cukup membantu tetapi juga kadang menyebalkan karena tidak semua orang perlu tahu status online kita.

Untuk itu, WhatsApp bakal membuat pengguna lebih mudah mengelola siapa yang bisa dan siapa yang tidak bisa melihat informasi profil, termasuk kapan terakhir kali terlihat (Last Seen).

Dalam laporan WABetaInfo, WhatsApp disebut-sebut tengah mengembangkan tool privasi baru yang memungkinkan pengguna mengontrol siapa yang bisa melihat bagian profil mereka.

Sejauh ini masih belum ada opsi yang dapat disesuaikan mengenai siapa saja yang bisa melihat dan siapa yang tidak bisa lihat status online pengguna.

Saat ini "Last Seen", "Profile Picture", dan "About" bisa dilihat oleh semua orang, kontak pengguna, atau tidak bisa dilihat sama sekali. Baru "Status" yang bisa diatur untuk tidak dilihat oleh orang tertentu. 

Mengutip Android Police, Selasa (7/9/2021), WhatsApp tengah menguji kemampuan untuk mengecualikan kontak tertentu agar tidak bisa melihat "Last Seen" dan "Foto Profil" pengguna.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sembunyikan Last Seen dari Orang Tertentu

Dengan opsi tersebut, pengguna bisa menyembunyikan "Last Seen" mereka dari beberapa orang tanpa menonaktifkannya sama sekali.

Opsi ini juga akan bisa diterapkan pada "Profile Picture" dan "Bio". Dengan begitu, opsi ini bisa memberikan lebih banyak kontrol privasi kepada pengguna ketimbang opsi yang ditawarkan sebelumnya.

Meski begitu, ketika pengguna menonaktifkan "Last Seen", mereka juga tidak akan bisa mendapatkan informasi apa pun dari kontak pengguna lainnya.

Begitu juga saat menonaktifkan "Last Seen" pada orang tertentu, kita juga tidak akan bisa melihat "Last Seen" milik pengguna tersebut.

3 dari 4 halaman

Baru Uji Coba

Diungkap WABetaInfo, kini opsi tersebut terlihat di iOS, namun ke depannya akan hadir untuk semua pengguna di berbagai platform ketika sudah siap.

Fitur "Last Seen" sendiri memang membantu pengguna untuk mengetahui kapan seseorang terakhir kali online di WhatsApp, sayangnya informasi ini juga berpotensi untuk disalahgunakan oleh orang lain.

Untuk itulah, WhatsApp mengembangkan opsi privasinya menjadi jauh lebih fleksibel. Orang yang tidak kita percaya bisa diatur agar tidak melihat "Last Seen" kita.

(Tin/Isk)

 

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker