Sukses

Lokapala, Game Buatan Indonesia Ini Akan Dipertandingkan di PON XX Papua 2021

Lokapala akan menyusul Mobile Legends, eFootball PES 2021, Free Fire, dan PUBG Mobile untuk dipertandingkan di ekshibisi PON XX di Papua tahun ini

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengungkapkan, game buatan Indonesia yaitu Lokapala, akan menjadi salah satu yang dipertandingkan di ekshibisi esports PON XX Papua 2021.

Lokapala pun menyusul Mobile Legends, eFootball PES 2021, Free Fire, dan PUBG Mobile yang akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 yang diselenggarakan 2 Oktober hingga 15 Oktober mendatang.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Harian PBESI Komjen Pol. Bambang Sunarwibowo melalui Sekretaris Jenderal Frenky Ong dalam konferensi persnya pada Selasa (24/8/2021).

"Pengurus Besar Esports Indonesia secara resmi telah menerima kesediaan pihak game developer Anantarupa Studios dan game publisher PT Melon Indonesia untuk mengadakan pertandingan persahabatan (friendly match) game Lokapala: Saga of the Six Realms."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan Terhadap Pengembangan Game Lokal

Frenky, yang membacakan pernyataan tersebut mengatakan, masuknya Lokapala ke laga persahabatan di ekshibisi esports PON XX Papua 2021, tidak lepas dari aspirasi dan antusiasme gamer yang ingin kehadiran game lokal tersebut.

"Hal ini juga merupakan realisasi dukungan PBESI terhadap industri pengembangan game lokal," kata PBESI.

"Kami percaya, industri game nasional memiliki potensi yang besar untuk go international, sehingga harus selalu kita dukung bersama," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Kedaulatan Indonesia di Industri Game Esports

Lebih lanjut, PBESI berharap agar ke depannya akan ada game developer di Indonesia lainnya dalam segmentasi esports, yang dapat bersaing di kancah nasional.

Selain itu, hal ini juga diharapkan bisa meningkatkan dukungan dan kecintaan masyarakat pada game lokal, sehingga bisa semakin berkembang dan menjadi kebanggaan nasional.

Ivan Chen, CEO Anantarupa Studios pun menyambut baik dimasukkannya Lokapala untuk menjadi laga persahabatan di PON ke-20 Papua.

"Dengan masuknya Lokapala dalam PON, dalam pertandingan persahabatan ini dapat menunjukkan pada dunia, Indonesia juga berdaulat di dalam industri game esports," katanya.

Pertandingan persahabatan game Lokapala sendiri dijalankan dalam format turnamen nasional. Pendaftaran babak kualifikasi friendly match ini dibuka pada 22 Agustus 2021 di platform Garudaku.com.

Rencananya, pertandingannya akan berlangsung pada 6-7 September 2021.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Bisnis Game di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.