Sukses

Google Doodle Meriahkan HUT ke-76 Republik Indonesia

Ilustrasi Google Doodle yang meriahkan HUT ke-76 Republik Indonesia kali ini dibuat untuk memperlihatkan beragam kesenian yang berada di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Sehubungan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Google ikut merayakannya dengan mengubah tampilan utama mesin pencarinya.

Pada 17 Agustus kali ini, perusahaan membuat Google Doodle khusus untuk turut memeriahkan HUT ke-76 Republik Indonesia.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (17/8/2021), ilustrasi Google Doodle yang ditampilkan kali ini dibuat oleh Kathrin Honesta ini menggambarkan ragam kesenian yang berada di Indonesia.

"Setiap huruf "Google" diubah menjadi beragam unsur-unsur umum dalam perayaan Hari Kemerdekaan, mulai dari Sasando, alat musik harpa senar sembilan yang terbuat dari bambu dan daun lontar asli Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur," tulis Google dalam situsnya.

Selanjutnya dari kiri ke kanan, adalah ilustrasi orang yang sedang memainkan digambarkan termasuk Rebana; topeng Hudoq dari Kalimantan; penari kipas Pakarena dari Sulawesi; sebuah Tifa, alat musik perkusi dari Maluku; dan terakhir, gambus atau kecapi dari Sumatera.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tambahkan Animasi

Menariknya, Google Doodle tersebut diklik kamu akan dibawa ke laman web penjelasan berbagai informasi tentang 17 Agustus.

Bila diperhatikan, ada dua buah tombol di bawah laman web dengan ikon petasan dan share.

Saat ikon petasan diklik, kamu akan diperlihatkan animasi pendek petasan yang tampak melesat di browser

3 dari 3 halaman

Perayaan Hari Kemerdekaan di Indonesia

Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 300 kelompok etnis dan bahasa yang unik, dimana perayaan Hari Kemerdekaannya mencerminkan identitas multikulturalnya sambil juga mempromosikan solidaritas dalam bentuk moto negara “Bhinneka Tunggal Ika.”

Beragam acara, mulai dari lomba peragaan busana kostum tradisional, panjat pinang, makan kerupuk, hingga festival pun sangat identik dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Berhubung pandemi Covid-19 masih berlangsung, Pemerintah meminta masyarakat di Indonesia untuk tetap kuat dan saling melindungi dengan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 di rumah masing-masing.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini