Sukses

Penggunaan Aplikasi Konferensi Video Mobile Tumbuh 151 Persen pada Paruh Pertama 2021

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower melaporkan bahwa penggunaan aplikasi konferensi video mobile mengalami peningkatan pada paruh pertama 2021.

Analisis perusahaan menunjukkan, pengguna aktif bulanan Zoom, Microsoft Teams, dan Google Meet secara kolektif pada paruh pertama 2021 secara kolektif 2,5 kali lebih tinggi daripada di paruh pertama 2020.

"Meskipun ada laporan kelelahan layar yang mengarahkan pengguna untuk mencari berbagai jenis hiburan—misalnya, platform audio sosial seperti Clubhouse, aplikasi konferensi video mobile naik 151 persen secara tahunan pada paruh pertama 2021," kata Sensor Tower.

Pengguna baru

Zoom, Microsoft Teams, dan Google Meet secara kolektif telah mengalami tingkat adopsi konsisten di empat kuartal terakhir, meskipun adopsi mereka sempat turun dari kuartal kedua 2020 pada awal pandemi.

"Walau aplikasi konferensi video teratas telah mengalami sedikit penurunan dalam pemasangannya, jika dibandingkan dengan kuartal kedua 2020, adopsi baru-baru ini masih meningkat jika diukur terhadap tingkat prapandemi pada kuartal pertama 2020," kata Sensor Tower.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pemasangan per kuartal

Pemasangan pada kuartal pertama 2021 naik 51 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, pemasangan pada kuartal kedua 2021 naik 35 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya juga.

 

3 dari 3 halaman

Ekosistem Tumbuh

Zoom, Microsoft Teams, dan Google Meet terus melakukan iterasi di platform mereka selama 18 bulan terakhir.

Microsoft dan Google telah meluncurkan fitur baru seper seperti Together Mode dan filter. Sementara Zoom telah mengalihkan perhatiannya untuk membangun dukungan untuk game pihak ketiga.