Sukses

PANDI Ungkap Keuntungan Pakai Domain Lokal dan Premium

Penggunaan domain lokal diklaim dapat meminimalisir kejahatan siber, sehingga ekosistem digital bisa berjalan dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Gunawan Tyas Jatmiko, Deputi Pengembangan Usaha, Pemasaran dan Kerjasama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menilai di era saat ini identitas bisnis dan personal di dunia maya melalui sebuah website menjadi sebuah strategi marketing yang sangat penting.

Ia pun mengungkapkan penggunaan domain lokal dapat meminimalisir kejahatan siber, sehingga ekosistem digital bisa berjalan dengan baik.

"Alasannya domain lokal .id merupakan domain kode negara Indonesia yang berada di bawah otoritas Negara Indonesia," kata Gunawan melalui keterangannya, Sabtu (24/7/2021).

Ia menambahkan nama domain menjadi faktor penting dalam sebuah website, terlebih kalau website tersebut menggunakan domain premium.

"Karena kunci dari keberhasilan sebuah website ada pada pemilihan wording dalam domain itu sendiri, sehingga dengan pemakaian domain premium akan lebih mudah diucapkan dan diingat oleh orang," tukas Gunawan memaparkan.

Nama domain premium diklaim memiliki nilai tinggi karena terdiri dari huruf yang terbatas mulai dari dua hingga empat karakter. Selain itu juga pemilihan katanya mudah dibaca dan diingat.

"Penggunaan nama domain yang unik dan singkat akan meningkatkan brand awareness dan kunjungan pada website tersebut," klaim Gunawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dua Kategori

Gunawan menambahkan terdapat dua kategori domain premium yang di kelola PANDI, yaitu domain cantik yang terdiri dari dua hingga empat karakter dan domain premium super yang terdiri dari singkatan atau deretan huruf dan angka.

“Nama domain premium identitasnya lebih trust dan bisa menambah nilai dari nama domain itu sendiri karena akan sangat mudah dibaca dan diingat. Kemudian secara branding akan sangat bisa meningkatkan exposure dari brand yang dipakai," terangnya.

 

3 dari 3 halaman

Dongkrak Penjualan Domain.id

Dalam rangka menggenjot penjualan nama domain premium .id, PANDI berencana meluncurkan landing page penjualan domain premium pada Agustus 2021.

Gunawan mengklaim bahwa landing page tersebut user friendly sehingga memudahkan pengguna dalam bertransaksi melalui layanan yang disediakan, karena menurutnya hal ini bisa menjadi poin penting yang dapat membuat mereka semakin nyaman.

"Kami akan meluncurkan dua landing page untuk meningkatkan penjualan domain .id tersebut. Pertama landing page penjualan domain dengan karakter terbatas untuk bisa mengakomodir kegiatan direct selling kepada pengguna, dan yang kedua penjualan domain .id bersama dengan registrar," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.