Sukses

Discord Akuisisi Sentropy, Perusahaan Kreator AI Anti-Pelecehan

Sentropy telah membuat alat yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mendeteksi dan memblokir pelecehan di Twitter.

Liputan6.com - Discord mengakuisisi perusahaan yang membuat alat untuk bisa mendeteksi ujaran pelecehan secara online. Adalah Sentropy yang alat Artificial Intelligence (AI) besutannya telah digunakan untuk mendeteksi dan memblokir pelecehan di Twitter.

Mengutip The Verge, Kamis (15/7/2021), Discord akan menggunakan akuisisi ini untuk memperluas kemampuannya dalam mendeteksi serta menghapus konten buruk dan mengembangkan tim keamanannya.

“Kepercayaan dan keamanan adalah prioritas utama untuk Discord,” kata juru bicara perusahaan.

Sentropy akan memantau jaringan online untuk penyalahgunaan dan pelecehan, kemudian menawarkan kepada pengguna cara untuk memblokir orang yang bermasalah dan menyaring pesan yang tidak ingin mereka lihat.

Produk pertamanya, Sentropy Protect, awalnya difokuskan untuk membantu pengguna membersihkan feed Twitter.

Setelah bergabung dengan Disord, Sentropy akan menutup alat independennya tersebut dan berencana mengembangkan keamanan dan kepercayaan pengguna Discord.

Sebagai informasi, Discord yang kini memiliki lebih dari 150 juta pengguna bulanan dan banyaknya server akan jadi tantangan untuk dimoderasi.

Layanan ini terdiri lebih dari 19 juta komunitas individu, dan skala itu membutuhkan kerja sukarelawan dan tim dalam Discord untuk dimoderasi dengan benar.

Dengan demikian, Sentropy diharapkan bisa membantu dalam pemantauan perilaku buruk yang ada di channel yang diawasi.

Dalam laporan tersebut, tidak dirinci berapa nominal akuisisi. Kemudian, tak ada penjelasan lebih lanjut mengenai kapan Discord akan memberlakukan moderasi konten di platform-nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna Discord Kini Bisa Tambah Informasi Bio dan Gambar di Profil

Discord, platform komunikasi atau chat yang populer di kalangan gamer ini akan menambahkan fitur baru di bagian profil pengguna. Kini, pengguna bisa menambahkan informasi bio singkat atau gambar latar (banner) di profilnya.

Fitur tambahan ‘About Me’ ini baru bisa digunakan melalui aplikasi versi desktop. Sementara untuk mengganti banner, pengguna harus memiliki akun berlangganan Discord Nitro premium.

Mengutip The Verge, Jumat (2/7/2021), perusahaan mengatakan telah meluncurkan fitur ini sejak 24 Juni 2021.

Sayang, masih belum ada keterangan pasti kapan fitur ini akan menyambangi aplikasi versi mobile. Padahal, banyak pengguna Discord mengakses platform chat ini via smartphone.

 

3 dari 3 halaman

Mengatur Bio di Profil

Untuk bisa menambahkan informasi bio dan gambar di profil, pengguna bisa masuk ke Settings, lalu klik ‘Profile’.

Discord menyebutkan, pengguna hanya bisa mengetikkan informasi bio mereka sepanjang 190 karakter untuk mendeskripsikan secara singkat.

Sementara itu, bagi pemilik akun Nitro berlangganan dapat menambahkan gambar banner dalam bentuk PNG, JPG, atau animasi GIF.

Ketika seseorang mengklik nama pengguna di server, mereka dapat melihat informasi bio dan gambar banner "About Me" atau "Tentang Saya".

Sementara, gambar banner default akan disesuaikan dengan warna foto profil pengguna.

(Rif/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.