Sukses

Begini Cara Kirim Foto dan Video di WhatsApp Tanpa Kena Kompres

Liputan6.com, Jakarta - Fitur berbagi media seperti foto dan video di aplikasi perpesanan WhatsApp akan mengurangi  kualitas karena adanya proses kompres sebelum dikirim.

Dalam beberapa waktu ke depan, WhatsApp akan menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna mengirim video dengan kualitas aslinya.

Sebelum fitur tersebut hadir secara resmi, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengirim file foto dan video di WhatsApp dengan mempertahankan kualitas aslinya.

Penasaran? Berikut ini caranya. 

2 dari 4 halaman

Cara Mengirim Media Tanpa Kompres

Cara singkat ini cukup menggunakan fitur yang sudah ada, tanpa aplikasi pihak ketiga tambahan. Namun, ini tidak menggunakan cara yang biasanya digunakan untuk mengirim gambar atau video.

Kamu akan memanfaatkan fitur Document, alih-alih memilih Gallery.

Caranya, pada ruang obrolan, ketuk ikon paper clip di sisi bawah pada bilah kotak pesan.

Kemudian, pilih menu Document. Itu akan membuka pilihan ruang penyimpanan file kamu.

Ketuk pada pilihan ‘Browse other File’. Lalu, ketuk ikon menu yang ada di sisi kiri atas.

Kemudian, pilih lokasi foto atau video yang ingin kamu kirim.

Setelah memilih file tersebut, ketuk ‘Send’ setelah ada dialog box yang muncul. File kamu telah terkirim tanpa mengurangi kualitas aslinya.

 

3 dari 4 halaman

Kirim Video Tanpa Kompres

Pada update WhatsApp yang akan datang, pengguna akan diberi pilihan saat ingin mengirim video.

Mengutip Sammobile, Sabtu (3/7/2021), menurut temuan dari WABetaInfo, versi WhatsApp Beta terbaru untuk Android memungkinkan pengguna mengatur kualitas video yang akan dikirimkan.

Fitur ini tampaknya akan sangat berguna bagi pengguna yang ingin mengirimkan video dengan kualitas Full HD atau bahkan 8K melalui WhatsApp.

Dalam temuan dari Google Play Beta Program, pada WhatsApp versi 2.21.14.6, tiga pilihan kualitas videonya sebagai berikut.

4 dari 4 halaman

Pilihan Otomatis hingga Best Quality

Otimatis adalah opsi yang disarankan, yakni WhatsApp akan mendeteksi algoritma kompresi terbaik untuk video yang akan dikirim.

Kemudian, Best Quality, untuk mengirimkan video dengan kualitas terbaik yang tersedia. Artinya, ini tidak akan mengurangi kualitas asli video tersebut.

Lalu Data Saver, pada pilihan ini WhatsApp akan melakukan kompresi terhadap file video sebelum dikirimkan.

Sementara, fitur tersebut baru akan berlaku pada file video, belum diketahui kapan akan berlaku untuk file foto.

Menurut informasi, saat ini fitur ini masih dalam status pengembangan. Belum ada keterangan jelas kapan fitur ini akan mulai digulirkan ke publik.

(Rif/Isk)