Sukses

Pengguna Kini Bisa Noaktifkan VPN di Google One

Notifikasi ‘VPN is Connected’ dari aplikasi Google One kini menampilkan tindakan ‘Snooze’ untuk menunda koneksi VPN pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Melengkapi update terbaru, Google menambahkan kemampuan untuk menunda VPN aktif melalui aplikasi Google One.

Artinya pengguna akan mampu menunda untuk sementara VPN tersebut tanpa perlu membuka aplikasi terlebih dahulu.

Diketahui, notifikasi ‘VPN is Connected’ dari aplikasi Google One kini menampilkan tindakan ‘Snooze’ untuk menunda koneksi VPN pengguna.

Mengutip 9to5Google, Selasa (22/6/2021), dengan mengetuk pilihan Snooze di notifikasi tersebut akan menonaktifkan VPN selama lima menit dan akan aktif kembali setelah waktunya habis.

Selain itu juga ada pilihan 'Disable VPN' untuk menonaktifkan VPN.

Pintasan tindakan ini diklaim akan berguna bagi aplikasi dan kasus penggunaan tertentu, sementara pengaktifan kembali secara otomatis akan menghindari pengguna lupa untuk menyalakannya kembali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Fitur

Pengguna dapat memilih dua pilihan, yakni ‘End Snooze’ untuk mengakhiri penundaan atau ‘Add 5 min’ untuk tambahan waktu selanjutnya.

Selain hadir pada bilah notifikasi, kontrol ini juga tersedia pada aplikasi Google One pada bagian ‘VPN by Google One’.

Sebelumnya, notifikasi VPN hanya menginformasikan aktifnya VPN dari Google One tanpa ada tindakan yang bisa dilakukan.

Sebelum fitur ini aktif, pengguna harus menonaktifkan koneksi secara manual dari pengaturan yang ada di aplikasi Google One.

Diketahui, fitur ini baru ada pada update versi 1.101 Google One.

Sebagai informasi, update ini baru diterima beberapa pengguna aplikasi, Google disebut-sebut akan segera menambahkan kemampuan ini bagi pengguna iOS, Android, dan Windows.

3 dari 3 halaman

Pengguna Terbatas

Pada peluncurannya di akhir Oktober 2020, fitur VPN di Google One ini baru tersedia bagi pengguna secara terbatas, yakni bagi mereka yang berlangganan paket 2TB atau lebih tinggi.

Larissa Fontaine, Director di Google One, menyebut VPN baru ini diharapkan dapat memberikan lapisan tambahan perlindungan di dunia maya di smartphone Android.

"Kami sudah membangun keamanan tingkat lanjut pada semua produk kami, dan VPN memperluas keamanan itu untuk mengenkripsi semua lalu lintas daring di ponsel Anda, apa pun aplikasi atau browser yang Anda gunakan," ujar Larissa dikutip dari keterangan perusahaan.

VPN ini, kata dia, terintegrasi dengan aplikasi Google One. "Jadi hanya dengan satu ketukan, Anda dapat yakin bahwa koneksi Anda aman dari peretas," tutur Larissa.

(Rif/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini