Sukses

Fitur di Huawei MatePad T10 Kids Edition Ini Bisa Kontrol Penggunaan Gadget Anak

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian banyak orangtua, memperkenalkan teknologi kepada anak sejak usia dini tidak ada salahnya. Dengan pengawasan ketat dan disesuaikan dengan kebutuhan, teknologi akan sangat bermanfaat.

Akan tetapi, tidak sedikit pula orangtua yang tidak secara ketat mengawasi kegiatan anak memakai gadget. Akibatnya, sang anak pun tidak bisa lepas dari perangkat atau dalam istilah menjadi kecanduan memakai gadget.

Berdasarkan hal tersebut, Huawei memperkenalkan sebuah tablet khusus yang ditujukan untuk anak-anak. Adapun perangkat tersebut adalah Huawei MatePad T10 Kids Edition.

Dengan embel-embel "Kids Edition", fitur andalan seperti apa yang Huawei tawarkan untuk tablet khusus anak-anak pertamanya tersebut?

Edy Supartono, Training Director of Huawei CBG Indonesia, menjelaskan Kids Corner merupakan salah satu fitur andalan di tablet MatePad T10 Kids Edition tersebut.

"Dengan Kids Corner, para orangtua dapat dengan mudah mengelola waktu penggunaan, aplikasi yang diakses, dan konten lain," kata Edy dalam peluncuran Huawei MatePad T10 Kids Edition secara online, Rabu (16/6/2021).

Selain itu, orang tua untuk mengatur interval batas waktu penggunaan tablet sepanjang hari. Huawei juga melengkapi tablet barunya ini dengan kemampuan yang akan membatasi pemakaian tablet saat dalam kondisi di charging.

"Sering kali kita mendapati anak memakai tablet meskipun sedang di charging. Dengan Kids Corner baru ini, tablet akan secara otomatis terkunci sehingga tidak bisa dipakai," ucapnya.

 

2 dari 3 halaman

Fitur Bluelight Filter dan Posture Alert

Huawei juga menyertakan dua fitur yang dapat melindungi mata anak saat memakai MatePad T10 Kids Edition, yaitu Bluelight Filter dan Psture Alert.

Sesai dengan namanya, fitur Bluelight Filter ini akan menyaring sebagian besar cahaya biru yang berpotensi merusak mata anak jika terekspos dalam waktu lama.

Sedangkan untuk Posture Alert, fitur ini akan mendeteksi atau memberitahu kepada si anak agar tidak memakai tablet dengan postur tubuh--seperti saat tiduran--maka tidak bisa dipakai.

Fitur lainnya juga hadir dalam tablet ini adalah Bummpy Alert. Anak akan mendapatkan alert ketika tablet dipakai saat berkendara.

Dengan kemampuan di atas, tablet baru Huawei ini memang dapat berfungsi sebagai cara agar anak tidak kecanduan gadget.

"Perkenalkan teknologi kepada anak-anak sejak dini tidak ada masalah, asalkan si ayah dan bunda dapat mengawasi screen time mereka dengan ketat," ucap Roslina Verauli, selaku Family & Child Psychologist

Apa yang menjadi indikator anak kecanduang gadget? "Ketika kemampuan anak sehari-hari untuk berfungsi, main, belajar, interaksi dengan sebayanya atau keluarga, tidur terganggu karena main gadget," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Harga Huawei MatePad T10 Kids Edition

Tampil sebagai seri tablet pertama perusahaan yang ditujukan bagi pengguna anak-anak, berapa harga Huawei MatePad T10 Kids Edition ini?

"Pre-order Huawei MatePad T10 Kids Edition ini akan mulai dibuka per hari ini hingga 25 Juni 2021. Soal harga, para orangtua dapat membeli tablet ini seharga Rp 2,899,000," ucap Edy.

Dalam paket bundling, perusahaan sudah menyertakan Huawei MatePad T10 Kids Edition ini dengan mainan eksklusif Panda.

Selain itu, pembeli juga akan mendapatkan akses VIP selama 3 bulan di Baby Panda World, 1 tahun layanan Azoomee, 1 bulan Vidio Premier, dan potongan harga di Ruangguru.com.

(Ysl/Isk)