Sukses

Indosat Ooredoo Berdayakan Perempuan Lewat Teknologi dengan SheHacks 2021

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo meluncurkan SheHacks 2021. Program ini merupakan salah satu upaya Indosat Ooredoo memberdayakan perempuan melalui teknologi, guna menjawab tantangan ketimpangan gender.

SheHacks 2021 merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di bawah pilar Pemberdayaan Perempuan.

President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama mengatakan, selama dekade terakhir, kehidupan perempuan Indonesia mengalami peningkatan signifikan. Namun ia mengakui masih ada ketimpangan gender yang signifikan dalam berbagai aspek.

Ahmad berkata, pemberdayaan perempuan dengan meningkatkan kapasitas ekonomi melalui pemanfaatan teknologi digital telah lama menjadi prioritas Indosat Ooredoo.

"Inilah sebabnya kami memulai SheHacks pada 2020 dan memperluas program tahun ini, yakni dengan memberi bimbingan dan pelatihan kepada perempuan Indonesia untuk mengembangkan solusi digital dalam mengatasi beberapa permasalahan nyata yang dihadapi," kata Ahmad, dalam keterangan Indosat Ooredoo.

Indosat melihat teknologi mampu mengurangi kesenjangan gender. SheHacks sendiri memiliki tujuan memperdayakan dan meningkatkan inovasi di kalangan perempuan.

Dengan begitu, perempuan bisa meretas masalah mereka menjadi terobosan kreatif guna menjawab tantangan sosial dan ekonomi.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Kontribusi Perempuan di Berbagai Bidang

Duta Besar Negara Qatar untuk Indonesia H.E Fawziya E Al-Sulaiti mengatakan, kuatnya hubungan Indonesia dan Qatar bisa melahirkan berbagai potensi dan peluang.

"SheHacks adalah program inovatif yang membantu perempuan untuk mempertajam keterampilan dan memperbesar kapasitas mereka," katanya.

Tahun ini, SheHacks akan fokus mengatasi ketimpangan di tiga bidang utama, yakni ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

Program ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kontribusi ekonomi perempuan dengan menumbuhkan kewirausahaan, meningkatkan akses perempuan pada pendidikan, dan layanan kesehatan.

3 dari 3 halaman

Bekerja Sama dengan Berbagai Lembaga

"Indosat Ooredoo membantu lulusan SheHacks dalam mengubah inovasi mereka menjadi solusi dengan bekerja sama pemerintah dan organisasi global seperti UNDP, UN Women, hingga GSMA Connected Women.

Peserta yang ingin mengikuti SheHacks 2021 bisa mendaftar dan mengirimkan proposal program mulai 9 Juni hingga 9 Juni 2021.

SheHacks menyasar perempuan Indonesia di bawah 40 tahun dalam tim beranggotakan maksimal 3 orang. Finalis terpilih akan diberikan pendampingan. Pemenang diumumkan pada Agustus 2021.

Para pemenang juga akan mengikuti buddy program selama 4 bulan, di sana mereka terhubung ke pemangku kepentingan untuk mengaktualisasikan solusi mereka.

Pendaftar bisa mengunjungi laman https://shehacks.id untuk pendaftaran dan inovasi.

(Tin/Isk)