Sukses

Aruba Luncurkan Solusi Wi-Fi 6E Kelas Enterprise Pertama di Industri

Wi-Fi 6E sendiri merupakan perluasan kapasitas WI-Fi terbesar dalam dua dekade terakhir, yang dapat meningkatkan pita spektrum RF yang tersedia untuk Wi-Fi menjadi lebih dari dua kali lipat.

Liputan6.com, Jakarta - Aruba, perusahaan Hewlett Packard Enterprise baru saja meluncurkan solusi WI-Fi 6E kelas enterprise yang pertama di pasar, yakni campus access point (AP) 630 Series dengan produk AP-635. Sebagai inovasi terbaru dalam teknologi Wi-Fi, Wi-FI 6E merupakan perangkat yanng beroperasi pada pita frekuensi 6GHz.

Wi-Fi 6E sendiri merupakan perluasan kapasitas WI-Fi terbesar dalam dua dekade terakhir. Pembukaan pita frekuensi 6GHz akan meningkatkan pita spektrum RF yang tersedia untuk Wi-Fi menjadi lebih dari dua kali lipat.

Hal ini mencegah kepadatan airwaves (gelombang udara), membuat kanal gelombang lebih luas, dan kecepatan konektivitas lebih tinggi, termasuk memungkinkan terciptanya berbagai inovasi di bagi industri. Terlebih, kebutuhan Wi-Fi saat ini melonjak karena perusahaan telah meningkatkan pengguna video dengan bandwith besar.

Akibatnya, jaringan wireless menjadi kelebihan pelanggan dan performa aplikasi melambat. Kondisi ini jelas membuat frustasi pengguna jaringan karena pengalaman penggunanya terganggu, produktivitas menurun, dan dapat mengakibatkan terhambatnya berbagai inisiatif maupun inovasi digital.

"Seiring tumbuhnya kebutuhan eksponensial terhadap konektivitas, Wi-Fi 6E memiliki keuntungan, sebab dengan adanya tujuh channel 160 MHz yang super-luas ditambah bandwidth yang lega di pita frekuensi 6GHz akan menghadirkan konektivitas multi-gigabit dan low-latency yang belum pernah ada sebelumnya," tutur SVP Marketing Wi-Fi Alliance Kevin Robinson, dalam rilisnya, Kamis (3/6/2021).

Menurut data dari 650 Group, adopsi Wi-Fi 6E akan berlangsung cepat dalam beberapa tahun ke depan. 650 Group memperkirakan ada lebih dari 350 juta perangkat yang mendukung 6GHz memasuki pasar pada 2022 dan pertumbuhan unit Wi-Fi 6E Enterprise AP akan mencapai lebih dari 200 persen pada 2022.

Adapun solusi terbaru dari Aruba Wi-Fi 6E adalah bagian dari Aruba ESP (Edge Service Platform). Solusi ini merupakan platform berbasis cloud berkekuatan AI pertama di industri yang didesain untuk menyatukan, melakukan otomasi, dan mengamankan Edge.

Dengan solusi baru Wi-Fi 6E dari Aruba, perusahaan dapat memanfaatkan peningkatan kapasitas, channel yang lebih luas di 6GHz, dan mengurangi gangguan sinyal secara signifikan dengan throughput agregat maksimum 3,9Gbps.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur Utama Aruba 630 Series Access Point

Untuk mengetahui seperti apa fitur dan kemampuan dari Aruba 630 Series Access Point, berikut ini daftar lengkapnya.

- Cakupan tri-band yang komprehensif meliputi 2,4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz dengan data rate agregat maksimum 3,9 Gbps dan ultra-tri-band filtering untuk meminimalisir interferensi.

- Hingga tujuh channel 160 MHz di 6 GHz agar bisa mendukung aplikasi yang low-latency dan butuh bandwidth besar seperti video high-definition dan AR/VR dengan lebih baik.

- Beroperasi dengan PoE power berstandar IEEE 802.3at, sehingga tidak perlu mengganti power supply yang ada.

- Keamanan canggih dengan WPA3 dan Enhanced Open untuk melindungi password dan data dengan lebih baik lagi.

- Failover yang fleksibel dengan dua port HPE Smart Rate Ethernet untuk 1-2,5 Gbps, menawarkan failover tanpa hit dari satu port ke port lain, baik untuk data maupun daya.

- Menjamin kinerja aplikasi secara ketat untuk penggunaan bandwidth yang tinggi dan sensitif terhadap latensi, yaitu dengan mengalokasikan dan menyesuaikan sumber daya radio secara dinamis.

- Mode operasi cloud, dengan pengontrol atau tanpa pengontrol, untuk menangani pemasangan di kampus, kantor cabang, dan di lokasi remote.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini