Sukses

Deretan Smartphone Huawei yang Pertama Dapat Harmony OS 2.0 Bocor

Liputan6.com, Jakarta - Huawei dipastikan akan mengumumkan kehadiran HarmonyOS 2.0 pada 2 Juni 2021. Bersama dengan peluncuran HarmonyOS 2.0, Huawei juga disebut akan memperkenalkan MatePad Pro 2 dan Huawei Watch 3.

Kini menjelang peluncurannya, informasi mengenai produk Huawei yang akan memperoleh HarmonyOS 2.0 mulai terungkap.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (30/5/2021), sumber anonim yang mengetahui mengungkap deretan produk Huawei tahap pertama yang menerima HarmonyOS 2.0.

Berdasarkan sumber itu, perangkat  tahap pertama yang akan menerima HarmonyOS 2.0 saat meluncur nanti adalah Mate 40, Mate 40 Pro, Mate 40 Pro Plus, Mate 40 RS, Mate X2, Nova 8, Nova 8 Pro, dan MatePad Pro.

Sumber itu juga mengatakan sejumlah perangkat yang ada di toko offline sudah diperbarui dengan HarmonyOS. Jadi saat sistem operasi itu meluncur, pengguna sudah dapat menjajalnya di toko resmi Huawei.

Peluncuran ini nantinya disebut menjawab rasa penasaran konsumen mengenai HarmonyOS 2.0. Salah satunya adalah mengenai apakah sistem operasi ini masih berbasis Android atau sepenuhnya berbeda.

Kendati demikian, dari bocoran video terbaru, HarmonyOS 2.0 diketahui memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dari EMUI. Video itu menampilkan sejumlah peningkatan dibandingkan versi sebelumnya.

2 dari 3 halaman

Video Tampilan dan Fitur Harmony OS Bocor di Internet, Seperti Apa?

Dalam video berdurasi 4 menit yang bocor di Weibo tersebut mengungkap, sejumlah peningkatan yang besar dari versi sebelumnya.

Hal paling menonjol adalah control center baru yang kini dapat ditarik dari kanan atas layar menggunakan kendali gesture. Sedangkan sisi kiri layar jika ditarik akan memunculkan kotak pencarian di ponsel.

Untuk memunculkan notifikasi saat menggunakan smartphone dengan Harmony OS,  pengguna dapat men-swipe layar ke bawah dari mana saja. Demikian yang dilansir Gizmochina, Kamis (6/5/2021).

3 dari 3 halaman

Kecepatan Aplikasi Saat Diakses

Aplikasi yang terpasang di ponsel dapat dibuka dengan cepat ketimbang di OS Android. Namun pada dasarnya ini adalah aplikasi bawaan, bukan aplikasi bikinan pihak ketiga.

Disebutkan, user interface (UI, antarmuka) di Harmony OS 2.0 ini adalah EMUI 11 dan dapat disesuaikan dengan Harmony atau Android.

Huawei mengklaim, OS buatannya yang dikembangkan seluruhnya oleh insinyur di perusahaan tersebut tetap mendukung deretan aplikasi Android.

(Dam/Isk)