Sukses

Vendor Lokal Zyrex Kerja Sama dengan Pegatron untuk Produksi Laptop

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan manufaktur teknologi Pegatron bekerja sama dengan vendor lokal Zyrexindo Mandiri Buana (Zyrex) untuk memproduksi laptop di Indonesia mulai 2021 dan tahun-tahun mendatang. Perjanjian kerja sama ini ditandatangani kedua belah pihak pada Senin, 24 Mei 2021.

Pegatron merupakan salah satu perusahaan design and manufacturing service (DMS) terbesar di dunia.

Pegatron akan memberikan dukungan dalam desain, manufaktur, dan layanan teknis kepada Zyrex untuk memproduksi laptop.

Direktur Utama Zyrex, Timothy Siddik berharap, penandatanganan kerja sama dan dukungan dari Pegatron membuat Zyrex siap menjadi penyedia utama dalam distribusi laptop terbesar untuk digitalisasi sekolah, seperti yang disampaikan oleh Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, dan Presiden Joko Widodo.

"Sebagai merek Indonesia Zyrex senang dan bangga dapat berpartisipasi dalam program digitalisasi sekolah dan kampanye #BanggaBuatanIndonesia," kata Timothy, dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (27/5/2021).

2 dari 3 halaman

Kata Pegatron

Sementara, CTO sekaligus Senior VP Pegatron Steve Huang mengatakan, Zyrex menjadi mitra penting bagi Pegatron di Indonesia selama bertahun-tahun. Pihaknya mengaku senang bekerja sama dengan Zyrex.

"Engineer dan teknisi kami akan memberikan dukungan teknis penuh untuk Zyrex dan bersama-sama mengarah ke pasar yang besar di Indonesia," kata Steve.

Zyrex sendiri mendaftarkan diri sebagai prinsipal lokal di e-katalog LKPP sebagai penyedia produk-produk komputer, laptop, dan produk IT lainnya.

Zyrex pun menunjuk dua perusahaan yakni PT Intan Pariwara dan PT Dragon Computer & Communication sebagai distributor penjualan dan penyedia layanan purna jual.

Kini, Zyrex memiliki titik penjualan dan layanan purna jual terbanyak, yakni mencapai lebih dari 440 lokasi di seluruh Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Kerja Sama Pegatron dan Zyrex

Pegatron diketahui memiliki fasilitas produksi di Indonesia yang berlokasi di Batam berkat investasinya pada PT Sat Nusapersada pada 2019. Pabrik tersebut digunakan untuk memproduksi berbagai perangkat komunikasi.

Pegatron akan mengembangkan dan berbagi pengetahuan tentang teknologi dengan mitra lokal, dalam hal ini Zyrex. Dengan demikian, akan ada lebih banyak orang yang mendapatkan manfaat dari teknologi tersebut.

Dari sisi Zyrex, kerja sama dengan Pegatron ini akan meningkatkan kualitas laptop Zyrex di masa depan sekaligus mendapatkan kesempatan alih teknologi dari Pegatron.

Saat ini Zyrex memiliki empat lini produksi, di mana tiga lini produksi didedikasikan untuk perakitan laptop dan satu lini untuk PC dan server.

Tahun 2021 ini, Zyrex menambah tiga lini produksi baru untuk laptop. Dengan begitu, Zyrex mampu memenuhi lebih banyak permintaan, termasuk dari pemerintah.

(Tin/Ysl)