Sukses

Geber Kemampuan Snapdragon 870 di Poco F3 5G, Seberapa Kuat Performanya?

Liputan6.com, Jakarta - Poco F3 5G 5G menjadi salah satu smartphone terbaru Poco untuk pasar Indonesia yang diperkenalkan bulan lalu. Smartphone ini disebut sebagai penerus Poco F1 yang meluncur di Tanah Air pada 2018.

Kehadiran Poco F3 5G ke Indonesia pun mencuri perhatian, karena hadir dengan spesifikasi mumpuni tapi dibanderol di harga kelas menengah.

Sebagai informasi, Poco F3 5G dibekali dengan Snapdragon 870 yang masuk dalam kategori premium Qualcomm dan dibanderol dengan harga di kisaran Rp 5 jutaan.

"Ini adalah chipset 7nm terkuat yang bisa anda temuka di pasaran saat ini," tutur Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse saat peluncuran Poco F3 5G di Indonesia.

Performa smartphone ini pun ditunjang dengan teknologi LiquidCool 1.0 Plus untuk menjaga suhu tidak terlalu panas.

Sementara untuk kemampuan layar, Poco F3 5G memiliki layar E4 AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan memiliki rasio touch sampling rate 360Hz untuk pengalaman lebih mulus.

Nah sebelumnya, Tekno Liputan6.com sempat membahas mengenai impresi awal smartphone ini. Untuk itu, dalam artikel kali ini kami akan mengupas tentang performa Poco F3 5G.

Kami mencoba memakai smartphone ini untuk sejumlah aktivitas, mulai dari bermain gim, menonton film, mendengarkan lagu, dan berkomunikasi. Lalu seperti apa performanya? Simak pembahasan ini.

2 dari 4 halaman

Performa Poco F3 5G

Berbekal Snapdragon 870 dan RAM 8GB, kami tidak menemukan kendala apapun saat memakai Poco F3. Mulai dari membuka aplikasi hingga berpindah ke aplikasi lain terasa sangat mulus.

Pengalaman itu turut didukung dengan layar yang memiliki refresh rate 120Hz Karenanya saat menjelajah media sosial seperti Instagram, pengalaman menggulirkan layar terasa lebih menyenangkan.

Saat kami mencobanya untuk bermain game, smartphone ini juga melibasnya dengan baik.

Kami mencobanya untuk memainkan beberapa judul game, seperti Shadow Fight Arena, League of Legends: Wild Rift, PUBG Mobile, dan Call of Duty Mobile.

Seluruh gim tersebut disetel dengan performa tertinggi. Dan hasilnya, seluruh game tersebut mampu berjalan tanpa masalah dan lancar.

Hanya memang, saat diajak untuk bermain game dalam durasi panjang, suhu bagian belakang Poco F3 terasa hangat. Perubahan pun suhu cukup terasa, tapi tidak sampai mengganggu. 

Selain itu, meski sudah menggunakan layar AMOLED, sistem pemindai sidik jari belum tersedia di layar. Sebagai gantinya, fungsi tersebut dibenamkan di tombol fisik yang juga berfungsi sebagai tombol power.

Bagi kamu yang penasaran dengan skor performanya, saat diuji dengan AnTuTu Benchmark, Poco F3 mencatat skor di kisaran 670 ribuan.

Sementara dengan aplikasi Geekbench, hasilnya 980-an untuk single core dan 3.100-an untuk multi core. 

3 dari 4 halaman

Pengalaman Multimedia dan Baterai

Selain bermain gim, kami juga menjajal kemampuan multimedia dari Poco F3, seperti untuk menonton film di Netflix dan YouTube.

Berdasarkan pengalaman, menonton konten video di smartphone ini juga terbilang memuaskan ditambah dengan dukungan HDR 10 Plus.

Tidak hanya itu, Poco F3 juga sudah mendukung teknologi MEMC dan fitur AI HDR enhancement. Kehadiran dual speaker turut menunjang pengalaman saat menonton film.

Sementara untuk performa baterai berkapasitas 4.520mAh, kami merasa Poco F3 dapat diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan kondisi terhubung Wi-Fi, kami mencoba smartphone ini untuk aktivitas normal dalam kondisi sehari-hari, seperti menonton film, bermain gim, termasuk mendengarkan lagu, dan berkomunikasi.

Hasilnya, dalam penggunaan yang relatif normal Poco F3 mampu bertahan seharian. Jika pun harus mengisi baterai di saat aktivitas tinggi, kecepatan pengisian daya smartphone ini terbilang cepat. 

Alasannya, dengan berbekal fitur fast charger 33W, saat kami mengisi daya di kisaran baterai 18 persen, Poco F3 mampu terisi penuh hanya dalam waktu sekitar 45 menit.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kami merasa puas dengan performa yang dihadirkan Poco F3. Perangkat ini dapat diandalkan, terutama bagi kamu yang membutuhkan smartphone berperforma tinggi.

Hal itu terbukti dengan kemampuan smartphone ini saat digunakan dalam berbagai kebutuhan. Tidak hanya itu, layar yang dimilikinya pun terbilang apik dan mampu mendukung kebutuhan multimedia.

Bahkan, meski Poco F3 tidak dilabeli sebagai smartphone gaming, kami merasa kemampuan smartphone ini saat dipakai untuk bermain game terbilang memuaskan.

Oleh sebab itu, dengan harga di kisaran Rp 5 jutaan, smartphone ini layak dipertimbangkan bagi kamu yang menginginkan smartphone dengan performa apik dan memiliki harga di kelas menengah.

Hanya memang dengan kemampuan yang ditawarkan Poco F3 terutama di rentang harga ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah pemindai sidik jari yang terasa kurang kekinian, karena masih memakai tombol fisik, bukan di layar.

Namun dengan performa yang dijanjikan Poco F3, absennya fungsi tersebut mungkin tidak terlalu menjadi masalah. 

(Dam/Isk)