Sukses

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun ke-90 Go Tik Swan, Siapa Dia?

Google Doodle hari ini, Selasa (11/5/2021), merayakan ulang tahun ke-90 Go Tik Swan. Siapakah dia?

Liputan6.com, Jakarta - Google Doodle hari ini, Selasa (11/5/2021), merayakan ulang tahun ke-90 Go Tik Swan. Ia dikenal sebagai ahli seni kuno kontemporer dalam mendesain kain dengan lilin panas yang dikenal sebagai batik.

Go Tik Swan lahir pada hari ini di tahun 1931 di Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Semasa hidupnya, ia sering mengunjungi workshop batik kakeknya, di mana dia menyerap pengetahuan budaya Jawa dari pengrajin lokal.

Terpesona oleh karya leluhurnya, Go Tik Swan mengeksplorasi lebih jauh warisannya dengan mempelajari sastra dan tari Jawa di Universitas Indonesia.

Dalam salah satu pertunjukan tari kampusnya, presiden Indonesia mengetahui latar belakang keluarga Swan dalam pembuatan batik dan menugaskannya untuk membuat gaya batik baru, yang ia yakini dapat mengatasi perpecahan dan mempersatukan bangsa Indonesia. Demikian sebagaimana dilansir blog Google Doodle.

Pada 1950-an, Go Tik Swan memenuhi permintaan presiden dengan menggabungkan teknik batik daerah untuk memperkenalkan "Batik Indonesia".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karya Populer Kembang Bangah

Go Tik Swan dikenal sebagai seniman yang sangat menghargai sebuah karya, sehingga setiap helai batik memiliki makna filosofis.

Ia mengembangkan motif yang sangat populer pada tahun 70-an, bertajuk 'Kembang Bangah' sebagai surat cinta atas jati dirinya.

 

3 dari 3 halaman

Terima Gelar Bangsawan

Go Tik Swan juga dikenal sebagai seorang ahli budaya Jawa, ahli keris (tradisi keris upacara Jawa kuno), dan pemain gamelan yang terampil (bentuk orkestra populer dari musik tradisional Indonesia).

Dia mengembalikan begitu banyak warisan, sehingga pemerintah Surakarta memberinya gelar bangsawan Panembahan Hardjonegoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.