Sukses

Lebih dari 28 Juta Unit Nintendo Switch Terjual Saat Pandemi

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo mengumumkan penjualan konsol Switch-nya selama pandemi. Hingga Maret 2021, perusahaan mencatatkan penjualan sebanyak 28,83 juta unit Nintendo Switch dalam setahun. 

Menurut Nintendo, terjadi peningkatan penjualan sebesar 37 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Saat itu, ada 21 juta unit Nintendo Switch yang terjual. 

Sepanjang kehadirannya, konsol gaming ini sudah terjual total sebanyak 84,59 juta unit di seluruh dunia. Demikian dikutip dari Polygon, Jumat (8/5/2021). 

Sebagai perbandingan, konsol Wii terjual sebanyak 101,63 juta unit selama 13 tahun kehadirannya.

Pada kuartal terakhir, yakni bulan Januari-Maret 2021, Nintendo berhasil menjual 4,72 juta unit konsol Switch.

Biasanya penjualan di akhir kuartal diprediksi akan melandai, namun jumlah ini masih lebih banyak dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun 2020, yakni 3,28 juta unit Switch. 

2 dari 3 halaman

Penjualan Gim

 

Selain jumlah unit yang terjual, Nintendo juga mencatatkan peningkatan sebesar 37 persen dalam penjualan gim.

Menurut data, jumlah gim Nintendo yang terjual menyentuh angka 230,88 juta kopi di tahun fiskal 2021. Pada tahun 2020, jumlah gim yang terjual sebanyak 168,72 juta kopi. 

Gim Animal Crossing: New Horizon memimpin penjualan dengan angka 20,85 juta kopi. Sejak awal peluncuran hingga saat ini, gim ini terjual sebanyak 32,63 juta kopi.

Posisi Animal Crossing di bawah Mario Kart 8 Deluxe sebagai gim terlaris di Nintendo Switch dengan selisih 2,76 juta kopi. 

3 dari 3 halaman

Prediksi Pendapatan Turun Tahun Depan

Dengan adanya peningkatan pada laporan keuangan tahun ini, kemungkinan Nintendo akan kesulitan mencatatkan capaian serupa di tahun mendatang. 

Untuk itulah, perusahaan telah memberi tahu ke investor tentang ramalan penurunan pendapatan di tahun fiskal 2022.

Nintendo meramalkan terjadi penurunan pendapatan sebesar 9 persen dan penurunan penghasilan sebesar 20 persen, pada Maret 2022. 

Masih tentang konsol Switch, kabarnya Nintendo tengah mempersiapkan varian warna baru untuk konsol Switch Lite yang akan dirilis bulan ini.

Meski perusahaan belum resmi mengumumkan produk ini, sebuah laporan menyebut Nintendo akan meningkatkan kemampuan Switch dengan layar OLED 7 inci, dan dukungan hingga resolusi 4K saat diputar di televisi.