Sukses

Samy Bengio, Mantan Petinggi Google AI Bergabung ke Apple

Samy Bengio disebut-sebut akan memimpin unit penelitian AI baru di Apple setelah resmi mengundurkan diri dari Google April 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja mengumumkan telah merekrut Samy Bengio, seorang peneliti AI (Artificial intelligence, kecerdasan buatan) terkemuka yang sebelumnya bekerja di Google.

Samy Bengio disebut-sebut akan memimpin unit penelitian AI baru di Apple, sebagaimana dilansir Apple Insider, Rabu (5/5/2021).

Nantinya, unit baru Apple tersebut akan melapor langsung ke John Giannandrea, Senior Vice President of Machine Learning and AI Strategy Apple.

Dengan bergabungnya Samy Bengio ke perusahaan bentukan Steve Jobs tersebut, maka ada dua orang yang setidaknya memiliki latar belakang AI di Apple.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengunduran Diri dari Google

Sebelumnya, Samy Bengio mengundurkan diri dari jabatannya di Google bulan lalu. Dirinya mundur dari raksasa mesin pencari tersebut setelah beberapa petinggi Google AI dipecat.

Langkah hengkangnya Samy ini disebut sebagai tindakan protes terhadap pemecatan yang dilakukan Alphabet Inc kepada insinyur Google AI, Timnit Gebru.

Dikutip dari Reuters, Kamis (8/4/2021), Google mengonfirmasi pengunduran diri Samy Bengio melalui email. Namun Samy belum memberikan komentar.

 

3 dari 3 halaman

14 Tahun Bekerja di Google

Untuk diketahui, sebagai ilmuwan terkemuka di Google, Samy menghabiskan sekitar 14 tahun di perusahaan.

Dia merupakan salah satu karyawan pertama yang terlibat dalam proyek berusia satu dekade yang dikenal sebagai Google Brain.

Proyek ini diketahui sebagai cikal bakal yang mengembangkan algoritme penting sebagai sistem AI modern.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini