Sukses

Mi Fans, Ini Lho Filosofi di Balik Logo Baru Xiaomi

Xiaomi mengumumkan logo baru pada 30 Maret 2021, ini lho filosofi di dalam logo tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi mengubah desain logo barunya menjadi lebih dinamis. Dalam keterangannya, Xiaomi menyebut perubahan ini dilakukan guna memperkuat pijakan kaki Xiaomi di pasar premium dan meningkatkan daya tarik brand di mata audiens. 

Dalam keterangannya yang diterima Liputan6.com, Kamis (15/4/2021), Xiaomi mengungkap desain ini pada 30 Maret 2021. 

Bagi yang belum tahu (termasuk Mi Fans), logo baru ini dirancang oleh Kenya Hara, desainer kelas dunia sekaligus Presiden Nippon Design Center (NDC). 

Lewat tangannya, logo Xiaomi kini mengadopsi kontur lebih lembut dan bulat pada pojokannya. Semula logo tersebut berbentuk segi empat. Tipografi "Mi" pun dirancang ulang, membuat logo baru ini lebih segar ketika dipandang. 

Xiaomi tetap mempertahankan warna oranye dengan tujuan untuk terus menyampaikan geliat hidup dan semangat muda Xiaomi. Warna hitam dan perak juga ditambahkan untuk mengakomodasi lini produk high-end. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Desain Super-ellipse

Dalam merancang logo baru Xiaomi, Hara yang juga profesor di Musashino Art University ini memakai formula matematika 'super-ellipse'. 

Di antara kemungkinan tanpa batas antara bentuk kotak dan lingkaran, Kenya menerapkan variable n=3 untuk mendapatkan keseimbangan sempurna serta melambangkan aspek inti dari "Hidup" dan menghasilkan logo baru Xiaomi. 

Bukan hanya bentuk, Hara menawarkan filosofis "Hidup". Hal ini untuk menggambarkan produk inovatif Xiaomi yang memberi kenyamanan dan memungkinkan pengguna untuk hidup lebih baik sekaligus mengakomodasi perubahan di lingkungannya. 

Konsep "Hidup" menerjamahkan filosofi yang dianut Xiaomi secara visual, yakni manusia yang hidup, teknologi diciptakan manusia, sehingga akhirnya teknologi melayani kebutuhan hidup. 

3 dari 3 halaman

Dobrak Tradisi

Logo baru yang diikuti format baru ini mendobrak aturan tradisional dalam penggunaan logo di masa lalu. 

Logo baru ini tidak terpaku pada empat sudut namun beradaptasi dengan konten agar bisa ditempatkan di posisi paling ideal. Dinamika baru ini dianggap merangkul filosofis sehingga menjadikannya makin "Hidup". 

Melalui konsep "Hidup", Xiaomi menunjukkan pemikiran dan responnya terhadap titik balik era interkoneksi cerdas. Xiaomi sebagai perusahaan teknologi memiliki komitmen melahirkan lebih banyak inovasi ke dunia, oleh karenanya penting bagi brand untuk tumbuh bersama pengguna. 

"Xiaomi tengah menyongsong sebuah dekade baru dengan mengembangkan kehadirannya kepada khalayak pengguna dengan produk premium, dari teknologi ke ruang seni, dari offline online di seluruh dunia," kata Xiaomi. 

Perusahaan berharap logo baru ini akan membuat Xiaomi terus maju dalam menyambut masa depan. 

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini