Sukses

Ultah ke-12, WhatsApp Layani 1 Miliar Panggilan dan 100 Miliar Pesan Tiap Hari

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp merayakan ulang tahunnya yang ke-12 pada tahun ini. Aplikasi pesan milik Facebook ini menginjak usia 12 tahun sejak pertama diperkenalkan pada Februari 2009.

Selama bertahun-tahun, WhatsApp menjadi aplikasi pesan nomor satu di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif.

Kini WhatsApp mengungkap, pihaknya melayani 1 miliar panggilan tiap harinya.

Dikutip dari akun Twitter resminya @WhatsApp, Sabtu (27/2/2021), WhatsApp menyebut tiap bulannya mengirimkan 100 miliar pesan serta menghubungkan lebih dari 1 miliar panggilan tiap bulannya.

"Kami sedang dan akan terus meningkatkan komitmen untuk menjaga privasi pengguna dengan enkripsi end-to-end, selalu dan selamanya. Selamat 12 tahun WhatsApp!" kata WhatsApp dalam cuitan.

Seperti dikutip dari Digital Information World, di masa awal kehadirannya, pengguna WhatsApp terus meningkat.

Para pengguna WhatsApp di awal kehadirannya hanya bisa membagikan pesan dengan teman-teman dan keluarga. Saat itu belum ada layanan panggilan telepon dan video.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Update Kebijakan Privasi

Selanjutnya WhatsApp mulai tumbuh dan berkembang menjadi aplikasi pesan yang memiliki fitur sangat lengkap, dengan panggilan telepon dan video.

Setelah beberapa tahun, pengguna bisa mengirim stiker, gif, bahkan di pasar tertentu, pengguna dapat melakukan pembayaran melalui platform ini.

Dalam perjalanannya, pada Januari 2021, WhatsApp sempat menggulirkan update kebijakan privasi. Namun karena keluhan dan protes dari pengguna, update kebijakan privasi pun ditunda hingga 15 Mei 2021.

Hingga update kebijakan privasi baru digulirkan, WhatsApp menyebut pihaknya akan terus mengedukasi pengguna tentang perubahan kebijakan privasi ini.

3 dari 3 halaman

Hadirkan Berbagai Fitur Inovatif

Selama 12 tahun usianya, perjalanan WhatsApp tak selalu mulus. Aplikasi pesan dengan logo hijau ini juga banyak mendapatkan kritik terkait fitur mereka. Kendati demikian, jumlah pengguna tetap terus bertambah.

Selain sebagai layanan untuk chatting antara teman dan keluarga, WhatsApp juga meluncurkan WhatsApp Business, sebuah aplikasi chatting untuk menghubungkan bisnis dengan pelanggan.

Dalam perjalanan, pada 2014, WhatsApp menjadi bagian dari Facebook, membuat aplikasi pesan ini terus tumbuh dengan cepat.

Pada Februari 2015, WhatsApp merilis fitur panggilan dan pada 2016, fitur video call dirilis.

Selanjutnya di Agustus 2018, WhatsApp menggulirkan update yang memungkinkan pengguna membuat group call, guna meningkatkan komunikasi.

(Tin/Isk)

 

 

BERANI BERUBAH: Ketika Bisnis dan Beramal Bersatu