Sukses

Google Belum Lengkapi Detail Privasi Aplikasi di iOS

Google belum memperbarui detail privasi dengan fitur Label Privasi pada sebagian besar aplikasinya, termasuk aplikasi utama seperti Gmail, Google Maps, Chrome, dan YouTube

Liputan6.com, Jakarta - Apple meminta pengembang untuk melakukan pembaruan mengenai detail privasinya pada Desember 2020 lalu. Label ini menguraikan data apa saja yang dikumpulkan, ketika pengguna menginstal aplikasi.

Banyak pengembang, termasuk Facebook, telah mencantumkan hal itu. Namun, tidak demikian dengan Google.

Dikutip dari MacRumors, Jumat (22/1/2021), Google belum memperbarui detail privasi dengan fitur Label Privasi pada sebagian besar aplikasinya, termasuk aplikasi utama seperti Gmail, Google Maps, Chrome, dan YouTube sejak 7 Desember atau sebelumnya.

Di luar itu, aplikasi Google Translate, Google Authenticator, Motion Stills, Google Play Film, dan Google Classroom sudah menyertakan label privasi, meskipun belum diperbarui sesuai ketentuan teraktual.

Namun, Google Search, Google Maps, Chrome, Waze, YouTube, Google Drive, Google Foto , Google Home, Gmail, Google Dokumen, Asisten Google, Google Spreadsheet, Google Kalender, Google Slide, Google One, Google Earth, YouTube Music, Hangouts, Google Tasks, Google Meet, Google Pay, PhotoScan, Google Voice, Google Berita, Gboard , Google Podcasts, dan lainnya belum menampilkan informasi tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Janji Google

Perlu diketahui, Apple mengharuskan semua pengembang aplikasi di App Store memberikan laporan privasinya sejak 8 Desember 2020. Merespons hal itu, Google sempat mengatakan akan segera melengkapinya.

Mengutip TechCrunch, Kamis (6/1/2020), sebagian besar mayoritas staf Google tidak bekerja pada akhir Desember lalu. Hal ini menjadi sebab aplikasi Google versi iOS belum diperbarui sejak saat itu.

Namun, kepada TechCrunch Google mengonfirmasi akan melakukan pembaruan pekan ini, walau belum ada waktu pasti kapan Google akan melakukan pembaruan.

Dua aplikasi Google, Slides dan Socratic, telah diperbarui setelah Apple mengeluarkan kebijakan mengenai detail label privasi. Kendati demikian, aplikasi tersebut belum melampirkan laporan privasi.

Label privasi sendiri dapat dilihat oleh pengguna sejak 14 Desember 2020 lalu, bertepatan dengan rilis iOS 14.3. Aturan laporan privasi yang dimaksud dalam aturan Apple adalah pengembang perlu mencantumkan informasi apa saja yang dapat diakses oleh aplikasi buatannya. Seperti lokasi, riwayat penelusuran, kontak, foto, atau lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.