Sukses

3 Aksesori Penunjang Kinerja Laptop Selain Tetikus

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang melakukan aktivitas work from home (WFH), mungkin hampir setiap hari selama sepekan selalu menggunakan laptop.

Pekerjaan yang dilakukan dari rumah tentunya menuntut hal itu. Tak jarang, kita sering merasa pegal atau bahkan mengeluh kinerja laptop yang sering melambat tiba-tiba.

Untuk menunjang kinerja laptop, berikut aksesori selain tetitus yang akan membuat kamu lebih nyaman dan aman saat bekerja di rumah.

Anti Radiasi Layar

Selain pada smartphone, antiradiasi layar juga tersedia untuk laptop. Tentunya, aksesori ini dijual dengan berbagai ukuran layar, sesuai dengan yang banyak di pasaran.

Antiradiasi ini akan menahan radiasi dari layar laptop yang langsung mempengaruhi mata.

Maka, aksesori ini akan semakin maksimal jika dibarengi dengan penggunaan kacamata antiradiasi. Radiasi layar menurut penelitian dapat mengakibatkan cidera yang serius bahkan permanen ke retina mata.

Ada beberapa model yang tersedia di pasaran. Ada yang bisa langsung ditempel ke layar dengan perekat, atau dapat di gantung.

Kisaran harganya antara Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu, tergantung ukuran layar yang dibutuhkan.

 

2 dari 3 halaman

Penutup Webcam

Di tengah maraknya kebocoran data yang bermula dari internet, tak menutup kemungkinan ada juga yang berusaha untuk membobol webcam kita.

Banyak tersedia di internet aplikasi untuk membobol webcam saat tersambung ke internet.

Guna mengantisipasi hal itu, aksesori yang satu ini penting untuk dimiliki. Penutup webcam akan berfungsi menutup lensa kamera yang disematkan pada sisi atas layar laptop kamu.

Setelah selesai menggunakan webcam, sebaiknya memang kamera ditutup, sementara laptop masih digunakan dan menyambung ke jaringan internet.

Di pasaran, kisaran harga penutup webcam ini antara Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu.

 

3 dari 3 halaman

Cooling Pad

Aksesori selanjutnya yang perlu kamu miliki adalah cooling pad atau alas pendingin. Jika kamu sering mengeluh laptop yang melambat, atau terasa lebih panas dari biasanya, kamu perlu memiliki aksesori ini.

Cooling pad berbentuk seperti bagian bawah laptop, dilengkapi dengan kipas yang akan menyala ketika diaktifkan.

Cara mengaktifkannya cukup dengan menyolokkan kabel yang tersedia ke bagian port USB. Ketika laptop menyala, cooling pad secara otomatis juga akan menyala.

Dengan begitu laptop kamu tidak akan mudah kepanasan sehingga tak mengganggu pekerjaan. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu.