Sukses

Huawei P50 Bakal Punya Dua Sistem Operasi?

Liputan6.com, Jakarta - Informasi soal Huawei P50 kembali muncul di internet. Kali ini, bocoran informasi diungkap oleh akun @hereYashRaj yang dikenal kerap mengungkap informasi soal Huawei.

Dikutip dari Gizmochina, Jumat (15/1/2021), dalam kicauannya akun itu menyebut Huawei P50 yang rilis secara global akan memiliki dua sistem operasi sekaligus, yakni Android dan HarmonyOS.

Kehadiran dua sistem operasi di perangkat ini akan berlaku untuk Huawei P50 dan Huawei P50 Pro. Sementara untuk pasar Tiongkok, flagship smartphone ini akan menjalankan Hongmeng OS nama lain dari HarmonyOS.

Kendati demikian, dia tidak mengungkap seperti apa cara kerja dua sistem operasi yang ada di Huawei P50 nantinya. Termasuk, apakah produk ini akan tersedia untuk seluruh negara atau diterapkan di beberapa pasar saja.

Rumor ini sebenarnya sempat keluar sejak tahun lalu. Ketika itu, Huawei memang dilaporkan akan mengumumkan smartphone pertama dengan HarmonyOS pada 2021.

Di sisi lain, EMUI 11 juga disebut akan menjadi versi EMUI terakhir sebelum digantikan HarmonyOS. Informasi ini diketahui dari MyDrivers yang mewawancarai Head of Software Development Huawei Consumer Business Group, Wang Chengdu.

Di dalam wawancara tersebut ada pertanyaan mengenai bagaimana EMUI 11 dan HarmonyOS. Chengdu menjelaskan EMUI 11 menggunakan framework yang sama dengan HongMeng, begitu juga dengan system scheduler dan perubahan lainnya.

Pernyataan tersebut pun dinilai mengindikasikan versi terbaru EMUI 11 yang berbasis pada Android 11, sudah merupakan rilis transisi yang mempersiapkan perangkat dan konsumen untuk mengadopsi peluncuran publik pertama HarmonyOS.

2 dari 3 halaman

Huawei P50 Akan Hadir dalam 3 Varian, Apa Saja?

Sebelumnya, bocoran informasi soal seri Huawei P50 saat ini semakin marak beredar di internet.

Sebelumnya, leaker kenamaan Steve Hemmestoffer atau lebih dikenal dengan nama panggilan Onleaks memposting gambar pertama seri P50 Pro.

Terkini, giliran leaker populer di industri smartphone lainnya, Rodent950, memberikan informasi tambahan tentang varian Huawei P50 yang akan diumumkan.

Dikutip dari ITHome via Gizchina, Selasa (5/1/2021), smartphone seri P50 ini akan hadir dengan varian layar 6,1 dan 6,2 inci (P50), 6,6 inci (P50 Pro), dan model paling besar berukuran 6,8 inci (P50 Pro Plus).

Informasi, Rodent950 sendiri merupakan sosok leaker yang memiliki rekam jejak yang baik, termasuk bocoran informasi soal seri Huawei P40 tahun lalu.

3 dari 3 halaman

Huawei P50 Bakal Tampil dengan 3 Tipe Layar Berbeda

Selain itu, Yash Purohit (@GuidingDroid), tipster kenamaan di industri smartphone membagikan informasi anyar tentang seri Huawei P50 di akun Twitter-nya.

Dia mengatakan, perusahaan asal Tiongkok tersebut akan melanjutkan strategi peluncuran seri sebelumnya dengan meluncurkan tiga model smartphone baru mereka.

Adapun model ponsel yang akan diumumkan, antara lain Huawei P50, P50 Pro, dan P50 Pro Plus. Ketiganya akan mengusung tipe layar yang berbeda satu sama lain, sebagaimana dilansir Gizchina, Selasa (12/1/2021).

Seperti yang bisa kamu lihat dari gambar di atas, P50 akan memiliki layar yang sedikit melengkung, sedangkan P50 Pro dengan layar sisi kanan kiri memanjang hingga frame bodi ponsel.

Lalu bagaimana dengan P50 Pro Plus akan mengusung layar Quad Curved Display.

Pada seri baru P-nya tersebut, perusahaan telah mengubah desain notch--untuk tempat kamera selfie--yang berbentuk pil ke lubang seperti kebanyakan smartphone di pasaran saat ini.

Baik Huawei P50, P50 Pro, dan P50 Pro Plus akan mengusung satu lubang kamera selfie yang terletak di tengah atas layar.

(Dam/Isk)