Sukses

Tower Palapa Ring Timur Dibakar, BAKTI Alihkan Telekomunikasi Lewat Satelit VSAT

BAKTI mengalihkan telekomunikasi menggunakan teknologi satelit VSAT untuk mengatasi akses telekomunikasi di Kota Ilaga, Papua, yang terputus akibat dibakarnya dua tower Palapa Ring Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Dua tower Palapa Ring Timur di Kabupaten Puncak, Papua, dibakar orang tak dikenal. Kejadian ini menyebabkan akses telekomunikasi Kota Ilaga Papua, terputus.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kemkominfo pun tengah melakukan langkah backup untuk kembali menghidupkan akses telekomunikasi di Kota Ilaga, Papua.

Direktur Utama BAKTI Anang Latif mengatakan, proses backup dilakukan menggunakan satelit VSAT.

"BAKTI Kemkominfo mengupayakan backup konektivitas di wilayah terdampak dengan teknologi lain, yakni satelit atau VSAT untuk layani Kota Ilaga," kata Anang di konferensi pers yang digelar secara online di Kemkominfo TV, Senin (11/1/2021).

Kendati demikian, diungkapkan oleh Direktur Operasional PT Palapa Ring Timur Telematika Edy Siahaan Mora selaku operator pengelola Palapa Ring Timur, backup menggunakan teknologi VSAT membutuhkan waktu.

"Backup untuk aktivasi membutuhkan waktu, harus menanyakan kesediaan provider VSAT akan adanya bandwidth yang mumpuni," kata Edy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akses Telekomunikasi Dua Kota Lainnya Terganggu

Edy lebih lanjut menjelaskan situasi di lapangan. Akses telekomunikasi di Kota Ilaga mati total. Sementara dua kota lain di sebelahnya mengalami gangguan telekomunikasi karena insiden ini.

"Tadinya Palapa Ring ada di sisi kanan dan kiri, dengan matinya tower B4 dan B5, kota-kota di sebelahnya juga akan down seperti Ilaga," tutur dia.

Sementara itu, untuk membangun kembali site B4 dan B5, PT Palapa Ring Timur Telematika membutuhkan jaminan keamanan agar kondisi serupa tidak terjadi kembali dan merugikan masyarakat sekitar.

3 dari 3 halaman

Dibakar Orang Tak Dikenal

Sebelumnya, Dirut BAKTI Anang Latif mengumumkan, dua tower Palapa Ring Timur di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, dibakar oleh orang tidak dikenal.

"Pada hari Sabtu, 9 Januari 2021, BAKTI menerima laporan bahwa infrastruktur microwave Palapa Ring, yaitu tower B4-B5 yang berlokasi di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua dibakar oleh pihak yang belum diketahui identitas dan motifnya," tutur Anang, mengumumkan adanya pembakaran infrastruktur Palapa Ring Paket Timur.

Anang lebih lanjut mengatakan, setelah kejadian ini, tim Palapa Ring Paket Timur sudah melakukan pengecekan di dua lokasi kejadian melalui udara.

Ia menyebut, akibat dari pembakaran infrastruktur ini, jaringan Palapa Ring di Kota Ilaga Kabupaten Puncak terputus.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.