Sukses

Aplikasi Lokal Ini Mungkinkan Orangtua Pantau Anak Belajar Online

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi belajar online besutan karya anak bangsa, MyScool dan Qampus, memiliki keunggulan yang cukup menonjol dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya.

Aplikasi berbasis Learning Management System (LMS) yang berdiri di atas bendera PT Infrastruktur Digital Edukasi (IDE), anak perusahaan MobileCom ini diklaim mampu mengotomatisasi semua tugas guru, dosen, staf sekolah maupun universitas, serta para siswa dan mahasiswa.

Menariknya, orangtua siswa juga mendapatkan akses langsung untuk memantau perkembangan pendidikan anak secara real-time, serta informasi tagihan sekolah.

Direktur Utama MobileCom, Steven Samudera, mengatakan aplikasi belajar online MyScool dan Qampus menjawab permasalahan mengenai pembelajaran online yang komunikasinya terkesan hanya searah yakni dari guru kepada siswa.

"Metode yang ada di aplikasi ini merupakan kombinasi dari pembelajaran melalui video, kelas langsung (live), kuis, serta kerja kelompok yang membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan interaktif," papar Steven melalui keterangannya, Selasa (5/1/2021).

Aplikasi belajar online MyScool dan Qampus juga membantu proses digitalisasi sekolah, termasuk pengelolaan data seperti kurikulum, absensi, dan akses informasi dengan mudah.

2 dari 3 halaman

Tantangan Edutech

Managing Director IDE, Daniel Tumiwa, menyatakan tantangan terbesar yang harus dijawab sebagai perusahaan edutech adalah menyebarkan pendidikan yang berkualitas ke setiap penjuru negeri.

Kendala yang harus dihadapi mulai dari ketidaksetaraan sumber daya penggerak teknologi, letak geografis, hingga kurikulum yang kurang memadai.

"Kami percaya siapa saja, apapun latar belakangnya, apapun motivasinya, dan apapun cita-citanya, punya kesempatan yang sama untuk mengemban pendidikan. Ke depannya IDE memiliki komitmen untuk menstandarisasi kualitas pendidikan khususnya di daerah dengan metode belajar dan aplikasi LMS," ujar Daniel.

 

3 dari 3 halaman

Industri Pendidikan 4.0

IDE sebagai perusahaan baru di dunia pendidikan Indonesia, menegaskan siap membantu negara dalam mentransformasikan industri pendidikan 4.0. Saat ini lebih dari 20.000 pengguna aplikasi Myscool dan Qampus di seluruh daerah di Indonesia.

Pada 2021, IDE akan meningkatkan jumlah pengguna agar seluruh sekolah di Indonesia mempunyai aplikasi dan fasilitas teknologi yang sama, dengan tingkat kualitas yang terstandar sehingga dapat bergerak maju mengejar prestasi.

Aplikasi Myscool dan Qampus dapat diunduh di iOS dan Android atau diakses dengan mengunjungi website resmi IDE. Ke depannya, perusahaan akan mengembangkan fitur-fitur yang lebih lengkap dalam versi 2.0 yang akan segera rilis pada tahun ini.

(Isk/Ysl)

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer