Sukses

Steam Ungkap Deretan Gim Paling Populer Sepanjang 2020

Liputan6.com, Jakarta - Valve baru saja mengungkap deretan gim terbaik yang ada di platform Steam sepanjang 2020. Adapun gim terbaik ini dibagi dalam beberapa kategori, seperti penjualan tertinggi, rilisan baru terbaik, dan paling sering dimainkan.

Dikutip dari Games Radar, Rabu (30/12/2020), daftar ini memang tidak diurutkan secara mendetail, tapi paling tidak Steam dapat memberikan gambaran mengenai deretan gim paling populer yang ada di platformnya selama tahun ini.

Untuk gim dengan penjualan terbaik, Steam mencatat ada beberapa judul gim, seperti Dota 2, Rainbox Six Siege, Monster Hunter World, hingga Fall Guys. Gim paling anyar Cyberpunk 2077 juga masuk dalam daftar ini.

Sementara untuk daftar teratas rilisan terbaru di 2020, ada Flight Simulator, Mount and Blade II: Bannerlord, Star Wars: Squadron hingga Crusader Kings 3 termasuk Cyberpunk 2077.

Adapun daftar gim yang paling banyak dimainkan selama 2020, Steam mencatat ada Among Us, Destiny 2, PUBG, hingga CS: GO. Judul-judul tersebut mencatat lebih dari 200 ribu pemain dalam hitungan tertinggi.

Cyberpunk 2077 lagi-lagi masuk dalam daftar ini, sehingga membuatnya ada di hampir seluruh kategori. Hal ini memang wajar mengingat gim tersebut terbilang baru dan sangat dinanti-nantikan.

Cyberpunk 2077 berhasil mencatatkan rekor baru sebagai gim paling banyak dimainkan melampaui Dota 2 dan CS:GO. Sebab, gim ini sempat dimainkan hingga satu juta pemain saat kondisi puncak.

2 dari 3 halaman

Pengembang Cyberpunk 2077 Terancam Digugat oleh Investor, Kenapa?

Terlepas dari kepopulerannya di Steam, sejumlah gamer PS4 dan Xbox One mengungkapkan rasa kecewa mereka terhadap gim Cyberpunk 2077, karena performa gim rendah dan jauh dari apa yang dijanjikan.

Tak ayal, banyak dari mereka meminta kembali (refund) uang pembelian Cyberpunk 2077.

Mendapati sebagian gamer yang pre-order dan memainkan gim tersebut kurang puas, CD Projekt Red selaku pengembang pun memutuskan untuk mengembalikan uang gamer.

Kabar terkini, para investor di CD Projekt Red pun berencana untuk menuntut perusahaan dan para eksekutif di pengadilan federal di Los Angeles.

Mengutip dari IGN, Jumat (25/12/2020), perusahaan telah membuat pernyataan palsu dan menyesatkan soal performa Cyberpunk 2077 di konsol Xbox dan PlayStation."

"Gim Cyberpunk 2077 memiliki banyak bug dan mengalami penurunan performa saat dimainkan dikonsol generasi terkini," jelas perwakilan investor tersebut.

3 dari 3 halaman

Dihapus dari PlayStation Store

Menanggapi banyaknya masalah seputar peluncuran gim, Sony dan Microsoft memutuskan untuk menghapus Cyberpunk 2077 dari toko digital mereka masing-masing.

Tak hanya itu, CD Projekt akan "dipaksa untuk menawarkan pengembalian uang penuh untuk gim tersebut."

Gugatan tersebut juga mengklaim, akibat masalah tersebut CD Projekt akan menderita kerugian, seperti reputasi dan finansial.

(Dam/Ysl)

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa