Sukses

Android 11 Meluncur ke Zenfone 6

Liputan6.com, Jakarta - Semakin banyak smartphone mendapatkan pembaruan ke Android 11. Kali ini giliran produk dari Asus, Zenfone 6.

Dilansir dari GSM Arena, Rabu (30/12/2020), Android 11 dilaporkan sudah mulai dirilis untuk Zenfone 6. 

Peluncuran ini sebenarnya merupakan bagian dari tahapan proses beta panjang, yang dimulai pada Agustus lalu dengan perekrutan tester. Setelah itu diikuti beberapa rilis versi beta, termasuk mengaktifkan VoLTE pada Zenfone 6 di jaringan T-Mobile AS.

Berdasakan keterangan di forum Asus Zenfone, Android 11 ini masih terbatas untuk beberapa pengguna Zenfone 6 di Taiwan. Peluncuran ini memang sudah tidak lagi dalam versi beta, tapi disebut semacam "soak test."

Pembaruan ini mencakup desain baru antarmuka ZenUI, full-screen gesture, dan dukungan launcher pihak ketiga.

Pihak Asus sejauh ini belum memberikan informasi mengenai waktu peluncuran resmi Android 11 untuk Zenfone 6. Namun, pembaruan kali ini menandakan tidak ada lagi bug besar, sehingga peluncurannya untuk lebih banyak pengguna diprediksi dalam beberapa pekan mendatang.

2 dari 3 halaman

One UI 3.0 dengan Android 11 Meluncur untuk Galaxy S20 FE

Lebih lanjut, vendor lain juga terus merilis Android 11 untuk jajaran produknya, termasuk Samsung. Perusahaan akhirnya One UI 3.0 dengan Android 11 untuk Galaxy S20 FE di Rusia pada Desember 2020.

Smartphone tersebut memiliki chipset Exynos dengan versi 4G. Samsung disebut akan merilis pembaruan ini secara bertahap. Seiring waktu, Galaxy S20 FE di negara-negara lain juga akan bisa mencicipi One UI 3.0.

3 dari 3 halaman

Vivo V20 Pro 5G Dapat Pembaruan ke Android 11

Vivo V20 Pro 5G juga sudah mendapatkan pembaruan ke Android 11. Android 11 untuk V20 Pro 5G memiliki build number PD2020F_EX_A_6.70.8. Ukurannya sebesar 3,6GB.

Pembaruan software ini hadir dengan riwayat notifikasi, fungsi chat prioritas, dan fitur chat bubble. Selain itu, juga ada peningkatan pada patch keamanan Android untuk Vivo V20 Pro 5G.

(Din/Why)

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Manisnya Boba