Sukses

Samsung Akhirnya Ungkap Jadwal Peluncuran Exynos 2100

Samsung akhirnya mengumumkan jadwal peluncuran Exynos 2100 yang akan dilakukan tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung diketahui tengah mempersiapkan seri terbaru chipset besutannya. Dan kini, perusahaan asal Korea Selatan itu baru saja mengumumkan jadwal kehadiran chipset Exynos 2100 yang akan dilakukan di tahun depan.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (21/12/2020), Samsung baru saja mengungkap seri Exynos 2100 akan diperkenalkan pada 12 Januari 2021, dua hari sebelum peluncuran global Galaxy S21.

Kehadiran Exynos 2100 sendiri disebut akan menjadi langkah Samsung meneguhkan posisinya sebagai salah satu perusahaan pembuat chip, terlebih setelah Exynos 990 menuai respons kurang baik.

Berdasarkan rumor yang beredar, chipset ini akan dibangun dari ARM X1, Cortex-A78s dan Cortex-A55. Lalu, untuk keperluan grafis ada Mali-G78 GPU dan ditambahkan modem 5G.

Untuk diketahui, chipset baru ini diketahui akan digunakan pada lini Galaxy S21 yang meluncur tahun depan. Informasi baru ini diketahui dari toko Samsung, Opera House, di Bengaluru, India.

Menurut keterangan toko, Exynos 2100 akan menjadi memperkuat trio Galaxy S21, termasuk Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra di India.

Sementara untuk sejumlah negara lain, Samsung kemungkinan masih akan menggunakan chipset dari Qualcomm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Kata Qualcomm Soal Flagship Samsung Tak Pakai Snapdragon 888

Kendati demikian, saat acara Snapdragon Tech Summit 2020, Samsung diketahui tidak masuk dalam daftar vendor pertama yang merilis smartphone dengan Snapdragon 888.

Menyoal hal tersebut, Senior Vice President and General Manager, Mobile, Compute, and Infrastructure Qualcomm Technologies, Alex Katouzian, mengatakan tidak bisa memberikan komentar mengenai Samsung.

Menurut Alex, pihak Samsung sendiri yang nanti akan mengumumkan keputusannya.

"Samsung merupakan mitra yang hebat dan kami telah bekerja sama bertahun-tahun. Mengenai pilihan mereka, kami tidak bisa berkomentar tentang apa yang terjadi. Saya pikir media akan melihat apa keputusan mereka nanti," kata Alex dalam sesi QnA Snapdragon Tech Summit Digital 2020 pada Rabu (2/12/2020)

Samsung telah menjadi mitra Qualcomm selama bertahun-tahun. Meski menggunakan chipset miliknya sendiri, Samsung juga menggunakan chipset Snapdgraon untuk jajaran produknya, termasuk untuk flagship smartphone.

3 dari 3 halaman

Bocoran Kamera Galaxy S21 Ultra Beredar

Di sisi lain, bocoran mengenai seri Galaxy S21 terus beredar di ranah internet. Kali ini kembali muncul informasi baru tentang Galaxy S21, yang diungkapkan oleh WinFuture.

Dilansir dari The Verge, Senin (21/12/2020), berdasarkan keterangan yang ada, Galaxy S21 Ultra akan memiliki lensa telefoto 3x dan 10x. Keduanya memiliki optical image stabilization.

Samsung disebut juga menghadirkan satu tambahan kamera belakang. Total akan ada enam kamera pada Galaxy S21 Ultra.

Selain soal kamera, juga ada informasi mengenai beberapa spesifikasinya. Galaxy S21 Ultra dilaporkan memiliki layar 6,8 inci dengan refresh rate 120Hz dan dukungan S Pen yang akan dijual secara terpisah.

Sejauh ini belum ada konfirmsi resmi mengeni tanggal peluncuran di pasar. Namun, Samsung diprediksi mengumumkan seri Galaxy S21 pada 14 Januari 2021.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.