Sukses

Ini 6 Fitur Utama Snapdragon 888

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm telah mengumumkan chipset flagship terbarunya, Snapdragon 888, di acara tahunan Snapdragon Tech Summit Digital 2020.

Platform ini diklaim membawa berbagai inovasi mobile terdepan di era 5G, mulai dari artificial intelligence (AI), gaming, hingga teknologi kamera.

"Sejarah Qualcomm dalam menciptakan teknologi-teknologi terobosan telah membuka jalan untuk keberlanjutan kepemimpinan kami dalam seri premium di segmen mobile," ungkap Senior Vice President and General Manager of Mobile, Compute and Infrastructure, Qualcomm Technologies, Alex Katouzian, pada Rabu (2/12/2020).

"Flagship Snapdragon 888 Mobile Platform terbaru memungkinkan OEM untuk membedakan perangkat-perangkat mereka, dan memberikan pengguna pengalaman teknologi-teknologi mobile tercanggih," sambungnya.

Berikut fitur-fitur utama Snapdragon 888

1. Konektivitas

Snapdragon 888 merupakan platform yang menggunakan 5G bersamaan dengan Wi-Fi 6, dan audio Bluetooth untuk pengalaman mobile yang ditingkatkan.

Snapdragon X60 5G Modem-RF System generasi ketiga yang terintegrasi memungkinkan dukungan 5G sub-6 carrier aggregation dan mmWave untuk memberikan kecepatan 5G tercepat secara komersial di dunia saat ini, hingga 7.5 Gbps.

Snapdragon 888 jga mendukung global 5G multi-SIM. Berkat dukungan Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System, chipset ini bisa mendukung kecepatan WiFi 6.

2. AI

Snapdragon 888 didukung Qualcomm AI Engine generasi keenam yang telah dirancang ulang sepenuhnya dengan prosesor Qualcomm Hexagon 780.

Dukungan semua teknologi tersebut membuat Snapdragon 888 bisa memberikan pengalaman premium yang mengombinasikan AI dengan antara lain kamera profesional, voice assistant pribadi, elite gaming, dan konektivitas super cepat.

 

2 dari 3 halaman

Kamera dan Gaming

3. Kamera

Membawa Qualcomm Spectra 580 ISP, platform ini adalah Snapdragon pertama dengan Triple Image Signal Processor (ISP), yang mampu menangkap gambar dari tiga kamera bersamaan pada kecepatan pemrosesan yang sangat cepat yakni hingga 2,7 gigapixels per second.

Pengguna juga dapat menikmati penangkapan gambar burst 120fps untuk menangkap foto aksi dengan sangat cepat dan resolusi tinggi.

4. Gaming

Snapdragon 888 didukung Qualcomm Snapdragon Elite Gaming. Pengguna diklaim dapat merasakan permainan yang sangat lancar pada kualitas grafis HDR tinggi dengan kemampuan desktop-level.

Snapdragon 888 membawa Variable Rate Shading (VRS) untuk pertama kalinya dalam perangkat mobile. Dalam perbandingan dengan generasi pendahulunya, VRS meningkatkan game rendering hingga 30 persen untuk pengalaman paling imersif pada mobile hingga saat ini.

 

3 dari 3 halaman

Performa dan Keamanan

5. Performa

Chipset ini dirancang dengan teknologi proses 5nm. Dukungan Qualcomm Kryo 680 menghasilkan peningkatan hingga 25 persen pada performa CPU secara keseluruhan, dan memungkinkan frekuensi tertinggi hingga 2.84GHz.

GPU Qualcomm Adreno 660 disebut mencapai peningkatan performa terbesarnya, memberikan hingga 35 persen rendering grafis lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

6. Keamanan

Snapdragon 888 dilengkapi beberapa rancangan keamanan untuk menjaga privasi data pengguna, termasuk Qualcomm Secure Processing Unit, Qualcomm Trusted Execution Environment, dan dukungan untuk Qualcomm Wireless Edge Services.

Perangkat berbasis Snapdragon 888 akan tersedia secara komersial mulai kuartal I 2020. Salah satunya adalah flagship smartphone Xiaomi, Mi 11.

(Din//Ysl)

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer